Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri
2019: SNTIKI 11

association rule, cross selling, fp-growth, PT. HPAI, transaksi penjualan

siti mona lisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

PT. Herbal Penawar Alwahidah Indonesia (HPAI) merupakan salah satu perusahaan bisnis halal network di Indonesia yang fokus pada produk-produk herbal. HPAI melayani kurang lebih 10.200 transaksi penjualan barang dalam 10 bulan, setelah dilakukan cleaning menjadi 1.003 data pelanggan. Jumlah item barang yang ada pada HPAI ini adalah 61 item. Data penjualan yang tersimpan pada database pembelian tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa merugikan perusahaan. Data transaksi penjualan pada HPAI banyak tersimpan dalam suatu basis data. Dengan data mining mampu menganalisa data menjadi suatu informasi untuk membantu manager perusahaan dalam sebuah proses untuk keputusan bisnis seperti menggunakan strategi cross selling. Teknik data mining yang digunakan adalah Assocation rule yang merupakan proses dalam market basket analisys. Algoritma FP-Growth dapat digunakan untuk mempermudah menemukan sejumlah aturan asosiasi dari basis data dengan menerapkan FP-Tree Implementasi menggunakan RapidMiner 9.0 untuk dapat membantu menemukan sebuah pola yang akurat dengan support 0.3% dan confidence 30%. Berdasarkan hasil tersebut penelitian ini merekomendasikan pola frequensi maksimal 2 itemset yaitu jika membeli pasta GG maka membeli Skolagen dan mengetahui produk yang sering dibeli pelanggan secara bersamaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SNTIKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics

Description

SNTIKI adalah Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri yang diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. ISSN 2579 7271 (Print) | ISSN 2579 5406 ...