Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol 3, No 2 (2019): Desember

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH DI KOTA BAUBAU

I Wayan Sujana (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah;  2) Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah pada Bank Syariah yang ada di Kota Baubau.  Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank Muamalat dan BNI Syariah di kota Baubau.  Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang nasabah yaitu 50 orang merupakan nasabah dari bank Muamalat dan 50 oarang merupakan nasabah dari bank BNI Syariah.  Jenis data berupa data primer yang bersumber dari kuisioner.  Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji korelasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000;  2) Terdapat korelasi/hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah dengan tingkat korelasi yang kuat sebesar 0,751. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...