Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Madura
Vol 5, No 1: April 2012

Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Media Edugames untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran I Kabupaten Bangkalan

Mohammad Edy Nurtamam (Prodi Pendidikan Guru , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Sekolah Dasar, Universitas Trunojoyo Madura)
Ariesta Kartika Sari (Prodi Pendidikan Guru , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Sekolah Dasar, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2012

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan media Edugames untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Bancaran I Kabupaten Bangkalan. Penelitian akan memberikan perubahan paradigma bahwa matematika merupakan mata pelajaran menyenangkan yaitu penggunaan media pembelajaran Edugames, sehingga pembelajaran disajikan akan lebih menarik dan menyenangkan.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (a) pembelajaran matematika materi luas bangun datar menggunakan media pembelajaran edugames lebih efektif untuk memberikan pemahaman pada siswa tentang bangun datar dan luas bangun datar, (b) terdapat respon yang positif dari siswa terhadap pembelajaran menggunakan media edugames pada materi luas daerah bangun datar, (c) hasil belajar matematika materi luas bangun datar menggunakan media pembelajaran interaktif edugames memberikan hasil yang lebih baik daripada menggunakan media yang konvensional.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

pamator

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

PAMATOR JOURNAL is the Journal of Social Sciences, Economics and Humanities, published by the Institute for Research and Community Service Trunojoyo University, 2 times a year (April and ...