Pentingnya kelembagaan bagi petani diakui dalam pembangunan pertanian, akan tetapi kenyataannya masih banyak lembaga-lembaga petani yang tidak melakukan perannya sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk:Â mengidentifikasi peran kelembagaan pemasaran beras dan hubungan antara kelembagaan pemasaran dengan kelembagaan kelompok tani beras yang ada di Desa Parumpanai. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara langsung dengan lembaga pemasaran. Data diperoleh berupa wawancara dan observasi, dengan jumlah informan sebanyak 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa peran kelembagaan pemasaran yang ada di Desa Parumpanai Kecamatan Wasuponda, belum menggunakan fungsi-fungsi pemasaran serta memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara maksimal dan campur tangan mengenai pemasaran hasil produksi pertanian petani padi, baik dari segi sarana pemasaran maupun prasarananya sehingga mempengaruhi kegiatan pertanian. Hubungan antara kelembagaan pemasaran dengan kelembagaan kelompok tani beras sudah terlihat dengan adanya gabungan kelompok tani beras dan penyuluhan yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberdayakan petani padi.
Copyrights © 2018