AbstrakMakanan dan nutrisi merupakan dua hal pokok yang tidak bisa dipisahkan dalam tahapan pertumbuhan danperkembangan manusia terutama anak-anak. Kecukupan pemenuhan nutrisi pada anak sekolah sangatpenting dalam pertumbuhan fisik sehingga mutlak para ibu mengetahuinya. Kekurangan nutrisi dalam jangkapanjang pada anak usia sekolah dapat mempengaruhi konsentrasi belajar yang pada akhirnya terjadipenurunan kualitas belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu dalampemenuhan gizi pada anak sekolah dasar kelas 1-6 di SD Mojoroto II Kota Kediri.Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional pada semua ibu yang mempunyai anak sekolah kelas 16di SD Mojoroto II Kota Kediri sebanyak 232 orang dan sampel sesuai kriteria inklusi 147 orang. Tekniksampling yang digunakan adalah purposive dengan instrument kuesioner dalam pengambilan data .Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pengetahuan responden tentang komponen gizi adalah51,02%, sedangkan pengetahuan ibu terkait masalah gizi hampir setengah berpengetahuan kurang yaitusebesar 42,8%, dan pengetahuan ibu tentang pentingnya gizi seimbang sebagian besar masih kurang yaitusebesar 68,02%.Melihat hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa masalah gizi masih kurang begitu diperhatikan oleh paraibu, karena pada dasarnya gizi tidak hanya dilihat dari frekuensi makan kesehariannya. Oleh karena ituperlunya pemberian edukasi yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah tentang pemenuhan gizi seimbang.Kata Kunci: Tingkat pengetahuan, gizi, anak sekolah
Copyrights © 2015