Penelitian ini dilatarbelakangi metode pembelajaran yang monoton dalam mengenal konsep banyak dan sedikit yang menggunakan pola penugasan. Fokus dari penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan mengenal konsep banyak dan sedikit melalui penerapan metode edutainment pada siswa Taman Kanak-Kanak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa hal yang terdapat dalam masalah penelitian dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep banyak dan sedikit melalui penerapan metode edutainment di kelas A1 Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan anak yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian melalui hasil data yang diperoleh setelah dilakukan analisis, secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Adanya perencanaan pembelajaran melalui penerapan metode edutainment meningkatkan kemampuan mengenal ukuran banyak dan sedikit, 2) Adanya langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran tentang ukuran banyak dan sedikit melalui penerapan metode edutainment meningkatkan kemampuan mengenal banyak dan sedikit 3) Terdapat peningkatan kemampuan mengenal konsep banyak dan sedikit melalui penerapan metode edutainmentdengan cara:a) Kemampuan menunjukkan benda yang banyak dan benda yang sedikit b) Kemampuan mengukur dengan takaran benda ukuran banyak dan sedikit c) Kemampuan mengukur sendiri benda yang dikategorikan banyak dan benda yang dikategorikan sedikit.Kata Kunci: Mengenal Konsep, Metode Edutainment
Copyrights © 2019