Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

EFEKTIVITAS METODE DRILL DALAM AKTIVITAS MENGGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BARUNAWATI PONTIANAK

Partriani, Desi (Unknown)
Jati, Sri Nugroho (Unknown)
Yuniarti, Yuniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2020

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengamatan yang terjadi pada anak di kelas B3 di Taman Kanak-Kanak Barunawati Pontianak yaitu kemampuan motorik halus anak dikatakan masih kurang, anak masih sulit memegang pensil dengan benar dan menggerakan pensil pun masih kaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang efektivitas metode drill dalam aktivitas menggambar terhadap peningkatan motorik halus anak  di Taman Kanak-Kanak Barunawati Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental One Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar chek list. Sumber data adalah sembilan anak dengan kemampuan motorik halus masih kurang. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre-test motorik halus anak dalam kemampuan melengkungkan telapak tangan diperoleh persentase sebesar 55,56% meningkat menjadi 66,67% pada saat post-test, kemampuan menggunakan jari telunjuk dan jempol untuk memegang suatu benda memperoleh hasil persentase 22,23% meningkat menjadi 100% pada saat post-test, kemampuan membuat bentuk lengkung dengan jempol dan telunjuk dengan persentase 44,44% meningkat menjadi 77,78% pada saat post-test. Analisis data menggunakan Uji Paired T Sample Test. Nilai t hitung sebesar 10,000 dengan tingkat sig (2 tailed) = 0,000 dengan df= n-1=9-1=8, sehingga nilai t tabel = 2,30600 pada taraf signifikasi (a=0,05). Hasil t hitung ≥ t table, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...