Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI KELAS A2 TAMAN KANAK-KANAK BINA INSAN PONTIANAK TENGGARA

Nandasari, Ria Novianti (Unknown)
Somantri, Elin B (Unknown)
Jati, Sri Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Perencanaan Pendidikan Karakter Religius Di Kelas A2 Taman Kanak-kanak Bina Insan Pontianak Tenggara. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Di Kelas A2 Taman Kanak-kanak Bina Insan Pontianak Tenggara. 3) Evaluasi Pendidikan Karakter Religius Di Kleas A2 Taman Kanak-Kanak Bina Insan Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Dari data tersebut di analisis dengan menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk pemeriksaan keabsahan data digunakan triangulasi, dan member check. Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) perencanaan dilakukan dengan memilih nilai yang diutamakanya itu nilai keagamaan, guru mensosialisasikan ke orang tua murid untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter religius di sekolah. Sedangkan dalam pembelajaran guru belumada RKH (Rencana Kegiatan Harian) karena terhambat kurikulum baru yang belum ditetapkan. 2) guru melakukan pelaksanaan mengintegrasikan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan ekstrakurikuler, kemudian kegaiatan awal, inti, dan penutup. 3) guru melakukan evaluasi dengan cara melihat langsung pada kegiatan pembiasaan dan sholat sedangakan membaca iqro penilaian menggunakan buku prestasisantri.Kata Kunci :Pendidikan Karakter Religius, Anak Usia Dini

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...