Kunci keberhasilan perawatan gigi salah satunya ditentukan oleh kesanggupan anak untuk bekerjasama selama perawatan. Rasa takut dan cemas terhadap perawatan menunjukkan perilaku anak sangat mempengaruhi dan menyulitkan dalam memberikan perawatan. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penyuluhan tentang perawatan karies gigi terhadap kooperatif siswa dalam tindakan atraumatic restorative treatment.Metode penelitian quasi experiment dengan rancangan one group pretest-postest, populasi semua siswa kelas V SDN 5 Singkawang Utara berjumlah 57 siswa. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi didapatkan 41 responden. Uji statistik yang digunakan McNemar Test.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perilaku kooperatif dari sebelum penyuluhan 24 siswa (58,5%) dan sesudah diberikan penyuluhan, perilaku kooperatif sebanyak 39 siswa (95,1%). Terdapat perbedaan sebelum diberikan penyuluhan dan sesudah diberikan penyuluhan terhadap tingkat kooperatif siswa dalam tindakan Atraumatic Restorative Treatment, dengan probabilitas 0,000 < 0,05.Disimpulkan bahwa penyuluhan perawatan karies gigi tentang tindakan ART dapat mempengaruhi perilaku kooperatif dalam tindakan ART. Informasikan dahulu tindakan yang akan diterima, sehingga anak akan siap dan tidak berpersepsi negatif
Copyrights © 2017