JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan
Vol 2, No 3 (2015): JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan

HUBUNGAN ANTARA OBESITAS, POLA MAKAN, AKTIFITAS FISIK, MEROKOK DAN LAMA TIDUR DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA (Studi Kasus di Desa Limbung Dusun Mulyorejo dan Sido Mulyo Posyandu Bunda Kabupaten Kubu Raya)

Ilyasa, Gusti Fani (Unknown)
Ridha, Abduh (Unknown)
Budiastutik, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2016

Abstract

Berdasarkan data WHO 2011, Hipertensi menyebabkan 8 juta kematian per tahun di seluruh dunia dan 1.5 juta kematian per tahun di wilayah Asia Tenggara. Menurut Data Surveilans Terpadu Kabupaten Kubu Raya tahun 2013 jumlah hipertensi pada usia 45-69 tahun sebanyak 2539 kasus (38%). Jumlah rata-rata kejadian hipertensi di Desa Limbung Dusun Mulyorejo dan Sidomulyo setiap bulannya sebesar 20% lansia mengalami hipertensi (Posyandu Bunda, 2013) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara obesitas, pola makan, aktifitas fisik, merokok dan lama tidur dengan kejadian hipertensi pada lansia di Desa Limbung Dusun Mulyorejo dan Dusun Sidomulyo Posyandu Bunda Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian observasional analitik dalam rancangan penelitian Case Control. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia yang berada di Desa Limbung Dusun Mulyorejo berjumlah 50 lansia dan Dusun Sidomulyo berjumlah 100 lansia. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 sampel dengan jumlah 43 kasus dan 43 kontrol. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Chi Square Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara pola makan (pencegah) (value = 0,000; OR=36,833), pola makan (pemicu) (value = 0,009; OR=3,529), aktifitas fisik (value = 0,002; OR=4,449), merokok (value = 0,012; OR=4,504) dengan kejadian hipertensi pada lansia di Desa Limbung Dusun Mulyorejo dan Dusun Sidomulyo Posyandu Bunda Kabupaten Kubu Raya dan tidak ada hubungan antara obesitas (p value = 0,119) dan lama tidur (p value = 0,458) dengan kejadian hipertensi pada lansia di Desa Limbung Dusun Mulyorejo Posyandu Bunda Kabupaten Kubu Raya Diharapkan pihak Dinas Kesehatan Kab. Kubu Raya bekerja sama dengan Puskesmas Sungai Durian dan Posyandu Bunda untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi terhadap dampak atau resiko terjadinya hipertensi dan kepada responden untuk selalu menjaga konsumsi makanan, khususnya makan pemcu terjadi hipertensi dan olah raga secara teratur.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JJUM

Publisher

Subject

Description

JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan bergerak dari hasil penelitian preventif, promotof, kuratif dan rehabilitas atau bergerak dari hulu ke hilir. Sedangkan ruang lingkupnya antara lain; Epidemiologi, Biostatistik, Kesehatan Lingkungan, Pendidikan Kesehatan dan Perilaku, Administrasi ...