Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 6, No 1 (2018)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROSEDUR PENCATATAN SURAT MASUK DAN KELUAR

AYU AGUSTIN, PUTRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2018

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 edisi revisi merupakan perubahan yang dilakukan pemerintah dari kurikulum 2013 versi lama. Perbedaan tidak ditunjukkan secara signifikan hanya saja lebih meningkatkan kompetensi inti dengan kompetensi dasarnya dan menekankan siswa untuk membiasakan diri berpikir illmiah. Peran guru di sini dibutuhkan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif agar siswa dapat memperdalam pemahaman materi dan menjadikan pembelajaran terpusat pada siswa. Oleh sebab itu, diperlukan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dengan kegiatan 5M sebagai bahan ajar yang digunakan di kelas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pencatatan surat masuk dan keluar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D terdiri atas pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data kualitatif berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini diperoleh proses pengembangan produk berupa modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada kompetensi dasar prosedur pencatatan surat masuk dan keluar. Kata Kunci: pengembangan modul, kurikulum 2013, pencatatan surat masuk dan keluar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...