cover
Contact Name
Durinda Puspitasari
Contact Email
jpap@unesa.ac.id
Phone
+6282318003366
Journal Mail Official
jpap@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang Surabaya 60231 Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
ISSN : -     EISSN : 23389621     DOI : https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran Pendidikan Administrasi Perkantoran dan bidang studi Ilmu Administrasi Perkantoran yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan, lembaga pendidikan tinggi, dunia usaha dan industri terutama yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran manajemen kantor, manajemen arsip, sistem manajemen kualitas, komunikasi kantor, manajemen sumber daya manusia, sistem informasi manajemen, dan perilaku organisasi pendidikan.
Articles 135 Documents
PENGEMBANGAN MODUL ADMINISTRASI UMUM BERBASIS SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PERSYARATAN PERSONIL ADMINISTRASI Inda Diningrum, Rahma
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Administrasi umum merupakan mata pelajaran yang mempelajari dasar-dasar administrasi sebelum mempelajari administrasi yang lebih spesifik. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah menganalisis persyaratan personil administrasi. Pada kompetensi dasar tersebut siswa dituntut untuk terampil dalam menganalisis tahapan pengadaan personil administrasi, menyusun persyaratan personil administrasi, dan memahami pelatihan serta pengadaan personil administrasi. Oleh sebab itu, penggunaan modul pembelajaran berbasis saintifik diperlukan siswa untuk pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul administrasi umum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan 4-D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian berjumlah 5 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil pengembangan diperoleh prosedur pembuatan modul administrasi umum kompetensi dasar menganalisis persyaratan personil administrasi.Kata kunci: pengembangan modul, administrasi umum, saintifik Abstract General administration is a subject that studies the basics of administration before studying a more specific administration. One of the basic competencies that must be mastered by learners is to analyze the requirements of administrative personnel. At this basic competencies, students are required to be skilled in analyzing the stages of procuring administrative personnel, drawing up administrative personnel requirements, and understanding training and procurement of administrative personnel. Therefore, the use of scientific-based learning modules is required for students to learn independently. This research aims to develop general administration module. This research is development research (R & D) with 4-D development model. They are define, design, develop, and disseminate. Subject of the research are 5 students. This research uses qualitative data analysis with Miles and Huberman model. The results of the development obtained the procedure of making general administrative module basic competence analyze the requirements of administrative personnel.Keywords: module development, general administation, scientific
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROSEDUR PENCATATAN SURAT MASUK DAN KELUAR AYU AGUSTIN, PUTRI
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 edisi revisi merupakan perubahan yang dilakukan pemerintah dari kurikulum 2013 versi lama. Perbedaan tidak ditunjukkan secara signifikan hanya saja lebih meningkatkan kompetensi inti dengan kompetensi dasarnya dan menekankan siswa untuk membiasakan diri berpikir illmiah. Peran guru di sini dibutuhkan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif agar siswa dapat memperdalam pemahaman materi dan menjadikan pembelajaran terpusat pada siswa. Oleh sebab itu, diperlukan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dengan kegiatan 5M sebagai bahan ajar yang digunakan di kelas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pencatatan surat masuk dan keluar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D terdiri atas pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data kualitatif berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini diperoleh proses pengembangan produk berupa modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada kompetensi dasar prosedur pencatatan surat masuk dan keluar. Kata Kunci: pengembangan modul, kurikulum 2013, pencatatan surat masuk dan keluar.
PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL GAME BASED LEARNING MELALUI WORD HUNT MISSION PADA KOMPETENSI DASAR RUANG LINGKUP PROTOKOL KELAS XII APK 2 DI SMK NEGERI 1 SURABAYA SINTIA DEVI, MEIDA; ELIZABETH R, MEYLIA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media digital game based learning melalui word hunt mission, kelayakan media digital game based learning melalui word hunt mission dan respons siswa terhadap media digital game based learning melalui word hunt mission pada kompetensi dasar ruang lingkup protokol kelas XII APK 2 di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D), menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Berdasarkan hasil penelitian, validasi ahli materi memperoleh rata-rata nilai 89% dengan kategori sangat kuat, validasi ahli media memperoleh rata-rata nilai 96,67% dengan kategori sangat kuat dan hasil uji coba terbatas pada 20 siswa kelas XII Administrasi Perkantoran 2 di SMK Negeri 1 Surabaya menunjukkan rata-rata nilai keseluruhan sebesar 94% pada kategori sangat kuat. sehingga dapat disimpulkan bahwa media digital game based learning melalui word hunt mission layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, digital game based learning, pengembangan 4-D Abstract The aims of the research are to determine the development of digital media based learning by word hunt mission, the properness of digital media game based learning by word hunt mission and student response to digital media based learning by word hunt mission on the basic competence of the scope of protocol class XII APK 2 SMK Negeri 1 Surabaya. Type of research is Research and Development (R & D), using 4-D development model which consists of define, design, development, and disseminate. Based on result of research, validation of material experts get average of score 89% with very strong category, validation of media expert get average of score 96,67% value with very strong category and result of limited trial to 20 students of XII Administration Office 2 class in SMK Negeri 1 Surabaya showed an average score of 94% in very strong category. The conclusion that the digital media game based learning through word hunt mission feasible to be used in the learning process. Keywords: learning media, digital game based learning, 4-D development
PENGEMBANGAN MODUL PENGELOLAAN KAS KECIL BERBANTUAN ADOBE FLASH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS XI APK SMK NEGERI 1 SURABAYA MAITA SARI, DITA; NUGRAHA, JAKA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul Mata Pelajaran Administrasi Keuangan peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Surabaya dan menganalisa kelayakannya. Pengembangan dilakukan karena belum adanya bahan ajar untuk Mata Pelajaran Administrasi Keuangan. Selain itu, slogan one student one laptop yang dimiliki SMK Negeri 1 Surabaya juga menjadi alasan untuk mengembangkan modul dengan bantuan aplikasi Adobe Flash sehingga pembelajaran berbasis komputer dapat dilakukan. Adobe Flash memungkinkan modul dirancang dengan memadukan teks, gambar, audio dan video. Modul disesuaikan untuk pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan untuk meningkatkan kompetensi literasi digital peserta didik melalui Scientific Corner. Penelitian dan Pengembangan ini mengacu pada Model Pengembangan ADDIE dengan instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, angket validasi ahli dan angket evaluasi modul. Kelayakan modul didasarkan pada hasil validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa Modul Pengelolaan Kas Kecil Berbantuan Adobe Flash dengan Pendekatan Saintifik Kelas XI APK termasuk dalam kategori sangat layak untuk aspek materi dan media serta termasuk kategori layak untuk aspek kebahasaan. Setelah melalui beberapa tahap perbaikan, modul juga dinyatakan menarik dan membantu dalam pembelajaran peserta didik berdasarkan hasil evaluasi modul. Dengan demikian, Modul Pengelolaan Kas Kecil Berbantuan Adobe Flash dengan Pendekatan Saintifik Kelas XI APK hasil pengembangan ini layak dan dapat digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran Administrasi Keuangan. Kata Kunci: Pengembangan modul, kas kecil, model ADDIE, adobe flash.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO MATA PELAJARAN SARANA DAN PRASARANA KELAS XI APK SEMESTER GANJIL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TAMAN ILMA ISLAMI, BUNGA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Administrasi sarana dan prasarana merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada program keahlian Administrasi Perkantoran. Upaya untuk mendukung dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan modul diperlukan sebagai bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan yang dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik. Salah satunya dengan pengembangan modul berbasis portofolio. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Analisis data yang digunakan untuk mengukur penilaian validasi ahli menggunakan skala penelitian Likert dan evaluasi siswa menggunakan skala penelitian Guttman. Pada pengembangan modul berbasis portofolio menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Pendefinisian (define), Perencanaan (design), Pengembangan (develop), dan Penyebaran (disseminate). Penyebaran hanya terbatas pada 15 siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 1 Taman. Hasil penilaian oleh validasi para ahli memperoleh rata-rata kelayakan modul sebesar 81% dengan kategori sangat kuat dan pada hasil evaluasi siswa mendapatkan presentase sebanyak 91% dengan kategori sangat kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Portofolio kelas XI APK dinyatakan sangat kuat untuk dijadikan sebagai bahan ajar di SMK Muhammadiyah 1 Taman. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Berbasis Portofolio, Administrasi Sarana dan Prasarana
PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI KELAS XI APK SMKN 2 KEDIRI ROSANTI, DEVI; PUSPASARI, DURINTA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di kelas XI APK SMKN 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan Quasi Experimental Design dan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pada uji hipotesis dari posttest yang dilaksanakan menggunakan bantuan SPSS dengan versi 16 menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,456 dengan taraf signifikansi sebesar 0,01. Hal tersebut menunjukkan sig.hitung < ? (0,01<0,05) atau thitung>ttabel (3,456 > 1,688, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan hasil uji hipotesis yang didapat dari selisih nilai pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 2,968 dengan taraf signifikansi sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan sig.hitung < ? (0,04 < 0,05) atau thitung > ttabel (2,968 > 1,688), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model direct instruction dengan yang tidak menggunakan model direct instruction pada mata pelajaran Kearsipan. Kata Kunci: Model Direct Instruction, Hasil Belajar Siswa, Kearsipan Abstract This research aims to know application of direct instruction model to escalate the results of student learning on archival lesson in class XI APK SMKN 2 Kediri. This research is an experimental research, using Quasi Experimental Design and this type is Nonequivalent Control Group Design. The subjects of this reseacrh were students of class XI APK 1 as experimental class consisting of 36 students and XI APK 3 as a control class consisting of 36 students. In hypothesis test of posttest by using aid of SPSS version 16 show that tcount equal to 3,456 with significance level equal to 0,01. This shows sig.count <? (0,01 <0,05) or tcount> ttable (3,456> 1,688, Ha is accepted and H0 rejected. While the hypothesis test obtained from pretest-posttest difference between experiment and control class shows that obtained tcount equal to 2,968 with significance level equal to 0,004 It shows sigcount <? (0,04 <0,05) or tcount> ttable (2,968> 1,688), Ha accepted and H0 rejected. So that can be expressed that there are differences on results of student learning using direct instruction model with those who do not use direct instruction model in archival lesson. Keywords: Direct Instruction Model, The Results of Student Learning, Archival
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BRIDGE CARD GAME PADA KOMPETENSI DASAR MEMILIH PERALATAN KANTOR DALAM KEGIATAN ADMINISTRASI DI KELAS X OTKP 1 SMKN 10 SURABAYA SRI LESTARI, YUANA; PUSPASARI, DURINTA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran guna menyampaikan pesan atau informasi dari pendidik kepada peserta didik sehingga menumbuhkan keinginan dan motivasi belajar siswa serta terjadinya proses belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan evaluasi siswa terhadap media pembelajaran Bridge Card Game pada Kompetensi Dasar Memilih Peralatan Kantor dalam Kegiatan Administrasi di Kelas X OTKP 1 SMKN 10 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan prosedur penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop) dan Penyebaran (disseminate). Tingkat kelayakan media pembelajaran Bridge Card Game dinyatakan melalui validasi para ahli dan evaluasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase dari validasi ahli materi sebesar 86,7% dan validasi ahli media sebesar 88,8% dengan kategori sangat layak. Sementara hasil lembar evaluasi siswa memperoleh rata-rata persentase 95,5% dengan persentase sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bridge Card Game layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada Kompetensi Dasar Memilih Peralatan dalam Kegiatan Administrasi. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Bridge Card Game, Peralatan Kantor Abstract Learning media is a tool used in the learning process in order to convey messages or information from educators to learners so as to cultivate the desire and motivation of student learning and the occurrence of teaching and learning process in accordance with the purpose of learning. This study aims to find out how the development, feasibility, and evaluation of students to the learning media Bridge Card Game on Basic Competence Choosing Office Equipment in Administrative Activities in Class X OTKP 1 SMKN 10 Surabaya. Is a type of research development or Research and Development (R & D) with 4D research procedures consisting of 4 stages of Define, Design, Develop and DisseminateFeasibility level of learning media Bridge Card Game is expressed through expert validation and evaluation of students. Based on results research, the average percentage of the material expert 86.7% and validation media expert 88.8% with category very feasible. While the results of the evaluation sheet the students earned an average percentage of 95.5% with category very feasible, so could concluded that the learning media Bridge Card Game feasible used in the learning process, especially in the Basic Competence Choosing Equipment in Activites Administration. Keywords: Learning Media Development, Bridge Card Game, Office Equipment
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA KELAS X APK 1 DI SMK KETINTANG SURABAYA NUR JAYANTI, LESTARI; PUSPASARI, DURINDA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan modul berbasis Scientific Approach ini untuk mengetahui Perbedaan Modul Pembelajaran Berbasis Mata Pelajaran Korespondensin pada Kelas X APK 1 di SMK Ketintang Surabaya sebelum dikembangkan dan sesudah dikembangkan, mengetahui Kelayakan Modul, dan mengetahui Evaluasi siswa Kelas X APK 1 terhadap modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini adalah pengembangan yang dikembangkan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisan perancangan pengembangan dan penyebaran Tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap pengembangan saja karena modul hanya terbatas pada satu kompetensi dasar saja. Instrument penelitian ini adalah validasi ahli, dan evaluasi siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan skala likert. Perbedaan modul sebelum dikembangkan dan sesudah dikembangkan yakni modul sebelumnya materi kurang lengkap, tidak terdapat petunjuk penggunaan modul dan kunci jawaban, soal evaluasi hanya pilihan ganda dan essai. Sementara modul yang dikembangkan peneliti materi runtut dan lengkap, terdapat petunjuk penggunaan modul dan kunci jawaban, dan disertai soal evaluasi berupa pilihan ganda, essai, dan permainan mencocokkan. Hasil validasi ahli isi dan penyajian memperoleh sebesar? 85,00% dengan? kategori sangat? ?layak, hasil? validasi ahli bahasa sebesar? 96,00% dengan? kategori sangat layak dan validasi? ahli? kegrafikan sebesar? 88,00% dengan? kriteria? sangat? ?layak. Dari hasil evaluasi siswa memperoleh hasil 96,00% dengan kriteria sangat? baik? untuk digunakan? sebagai? bahan? ajar.The development of Scientific Approach-based module is to find out the Differences of Subject-Correlevant Learning Module in Class X APK 1 in SMK Ketintang Surabaya before developed and after developed, knowing the Module Feasibility, and to know the Evaluation of the students of Class X APK 1 to the developed module. The type of this research is research development with 4-D model which consists of defining stage of development and deployment design. However in this research the researcher only until development stage only because the module is only limited to one basic competency only. The instrument of this study is expert validation, and student evaluation. Technique of data analysis of this research use likert scale. Differences before the module developed the material is not complete, there is no instructions on the use of modules and key answers, the question of evaluation is only a multiple choice and essay. While the module developed by the researcher material is coherent and complete, there are instructions on using module and answer key, and accompanied by evaluation questions such as multiple choice, essay, and matching game. Expert validation and presentation results obtained by 85.00% with very feasible category, the result of validation of linguists by 96.00% with very decent category and validation of chart expert of 88.00% with very reasonable criteria. From result of student evaluation get result 96,00% with very good criterion to be used as teaching material in learning process
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR PENANGANAN SURAT MASUK KELAS X OTKP 2 DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO NURUL HIDAYAH, SITI
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul, mengetahui kelayakan modul dan untuk mengetahui evaluasi siswa terhadap modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan dikarenakan keterbatasan kompetensi dasar yang dibahas. Pengembangan modul penanganan surat masuk dikembangkan peneliti dengan berbasis problem based learning sehingga pada modul penanganan surat masuk terdapat sintaks problem based learning untuk menyelesaikan studi kasus. Instrumen penilaian yang digunakan adalah angket validasi materi, angket validasi bahasa, angket validasi grafis dan angket evaluasi siswa. Hasil Penelitian menunjukkan hasil validasi materi yang terdiri dari kelayakan isi sebesar 90% dan kelayakan penyajian sebesar 94%. Sehingga diperoleh rata-rata sebesar 92,5%. Untuk validasi bahasa diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 89%. Untuk validasi grafis diperoleh rata-rata sebesar 96% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa modul berbasis problem based learning pada kompetensi dasar penanganan surat masuk sangat layak dijadikan bahan ajar dengan hasil persentase sebesar 93%. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul berbasis problem based learning pada kompetensi dasar penanganan surat masuk yang telah dikembangkan sangat layak digunakan di kelas X OTKP SMKN 1 Sooko Mojokerto. Kata kunci: Pengembangan modul, berbasis problem based learning, Penanganan Surat Masuk Abstract This Study aims to find out how the development of modules, know the module and to know the student?s evalution of the module. The type of research used is the 4-D development model. However, this study is only done until the development stage due to the limited basic competencies disccussed. The development of incoming mail handling module is developed by problem based learning so that the incoming mail handling module has problem based learning syntax to complete the case study. The assessment instruments used were questionnaire material validation, language validation questionnaire, garphical validation questionnaire and student evalution questionnaire. The result of the research shows the validation result of the material which consist of content feasibility of 90% and presentation feasibility of 94%. So that obtained an average of 92,5%. For the language validation obtained an overall average of 89%. For graphical validation obtained an average of 96% with very reasonable criteria. While the results of a limited trial show that the problem based learning module on the basic competence of handling incoming mail is very worthy of teaching materials with a percentage of 93%. So it can be concluded that the module problem based learning on basic competence of handling incoming mail that has been developed very feasible use in class X OTKP smkn 1 Sooko Mojokerto. Keyword: Module development, Problem Based Learning, Handling of Incoming Mail.
PENGEMBANGAN E-MODUL DIGITAL FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENYIMPANAN ARSIP KELAS X OTKP 1 DI SMKN 10 SURABAYA NURUS SHOBAHAH, EVA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengembangan e-modul digital FlipBook berbasis discovery learning pada materi sistem penyimpanan arsip kelas X OTKP 1 di SMKN 10 Surabaya, kelayakan e-modul digital FlipBook berbasis discovery learning pada materi sistem penyimpanan arsip kelas X OTKP 1 di SMKN 10 Surabaya dan evaluasi siswa terhadap e-modul digital FlipBook berbasis discovery learning pada materi sistem penyimpanan arsip kelas X OTKP 1 di SMKN 10 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu; pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas X OTKP 1 SMKN 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan serta lembar evaluasi siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa tingkat kelayakan isi e-modul sebesar 94,6%, kelayakan penyajian sebesar 96%, kelayakan kebahasaan sebesar 94%, kelayakan kegrafikan sebesar 94,4%. Total keseluruhan kelayakan e-modul sebesar 94,75% dengan kriteria sangat kuat. Uji coba yang dilakukan pada siswa menunjukkan hasil rata-rata skor pengembangan e-modul sebesar 90% dengan kategori sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul digital FlipBook berbasis discovery learning sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi sistem penyimpanan arsip. Kata Kunci: pengembangan e-modul, digital FlipBook, discovery learning, materi sistem penyimpanan arsip Abstract The research aims to know the development of e-module digital FlipBook based on discovery learning on OTKP class X filing system material at SMKN 10 Surabaya, feasibility of e-module digital FlipBook based on discovery learning on OTKP class X filing system material at SMKN 10 Surabaya and evaluation students to e-module digital FlipBook based discovery learning on OTKP Class X filing system material at SMKN 10 Surabaya. The research method is using 4-D method consisting of 4 stages namely; define, design, develop and disseminate. Subjects in this study were 20 students of class X OTKP 1 SMKN 10 Surabaya. This study used a validation sheet of material experts, linguists and graphis expert and student evaluation sheet. Validation results showed that the e-module content feasibility level of 94.6%, 96% presentation feasibility, language feasibility of 94%, 94.4% of the feasibility of graduation. The total e-module eligibility is 94.75% with very strong criteria. Trials conducted on the students showed average results of e-module development score of 90% with very strong category. Thus it can be concluded that the e-module digital FlipBook-based discovery learning is very feasible to use as a teaching material on the material filing system. Keywords: development of e-modul, digital FlipBook, discovery learning, archive storage system material

Page 1 of 14 | Total Record : 135