Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 6, No 2 (2018)

STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SNOWBALL THROWING DAN TALKING STICK KOMPETENSI DASAR KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA PADA SMK PGRI 13 SURABAYA

AMANDA FIKA SARA, AULIA (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing dan Talking Stick, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran eksperimen pretest posttest Snowball Throwing dengan Talking Stick, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Talking Stick pada kompetensi dasar Komunikasi di Tempat Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis desain true experiment design, menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek siswa kelas X APK 1 dan 3 yang berjumlah 22 siswa di masing? masing kelas. Objek pada penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dan Model Pembelajaran Talking Stick. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, dan beserta lembar tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan lembar soal terhadap siswa kelas 1 dan 3 APK SMK 13 PGRI Surabaya dan setelah mendapatkan data tersebut dikelola menggunakan Uji T. Hasil dari penelitian dari Uji T tersebut adalah thitung sebesar 4,731 dan ttabel sebesar 2,000, ini artinya thitung lebih besar dari ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil yang sama antara model pembelajaran tipe Snowball Throwing dengan model pembelajaran tipe Talking Stick. Namun dari dua model pembelajaran tersebut ada perbedaan dimana model pembelajaran tipe Snowball Throwing lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick di kelas X APK SMK PGRI 13 Surabaya. Kata Kunci: Snowball Throwing, Talking Stick, Komunikasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...