Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 7, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLANEL BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ALAT DAN BAHAN KEARSIPAN KELAS X APK DI SMKN 4 SURABAYA

PUSPITASARI, INDAH (Unknown)
PAHLEVI, TRIESNINDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2019

Abstract

Materi Alat dan Bahan Kearsipan merupakan Kompetensi Dasar yang dianggap sulit bagi peserta didik. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor: (a) konsep materi alat dan bahan sebagian besar memuat teori yang harus dihafal; (b) model dan metode pembelajaran kurang variatif; (c) pemilihan alat peraga pemebelajaran yang kurang sesuai. Hal ini diduga sebagai penyebab menurunnya hasil belajar siswa. Studi ini bermaksud untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran koperatif tipe scramble berbantuan media flanel board terhadap hasil belajar siswa. Jenis studi ini yakni penelitian True Experiment Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian diambil melalui teknik simple random sampling yang diperoleh hasil kelas X APK 1 sebagai kelompok eksprimen dan kelassX APK 3 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dari kelas kontrol sebesar 76% sedangkan dari kelas eksperimen sebesar 91%. Berdasarkan analisis data uji-t diperoleh hasil bahwa thitung sebesar 3,721. Hasil tersebut kemudian di konsultasikan pada ttabel melalui taraf signifikan 5% dan df = 66, diperoleh ttabel = 1,996. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,721 > 1,996). Kemudian pada hasil analisis selisih nilai pre-test dan post-test diperoleh nilai thitung sebesar 4,184 melalui taraf signifikansi 0,00. Sedangkan diketaui nilai ttabel sebesar 1,996 melalui taraf signikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t-test <,050 (0,00<0,05) dan thitung>ttabel (4,184> 1,996). Melalui demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media flanel board terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kooperatif, Scramble, Hasil Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...