PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CARA BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SARANA DAN PRASARANA KELAS XI APK 3 SMK NEGERI 1 SURABAYA Nama : Moch Richy Cahya Putra NIM : 13080314058 Program Studi : S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan : Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas : Ekonomi Institusi : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd Pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk meningkatkan cara berfikir yang lebih tinggi dalam situasi yang berorientasi pada masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan problem based learning (PBL) dan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran sarana dan prasarana kelas APK 3 XI di SMKN 1 Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah Kelas APK 3 XI SMK Negeri 1 Surabaya yang terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam penerapan problem based learning ada peningkatan antara siklus I dan siklus II, dari 55% menjadi 78% atau meningkat 29,48%. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sarana dan Prasarana dengan kenaikan presentase menjadi 88%. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan menjadi 81% (kritis). Kata Kunci: Problem Based Learning, Berfikir Kritis, Penelitian Tindakan Kelas.
Copyrights © 2019