Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Vol 7, No 3 (2019)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA UNTUK SISWA KELAS XI APK 3 DI SMK PGRI 13 SURABAYA

FEBBY SUCI DEANDAN SARI, ARRIKA (Unknown)
ELIZABETH R, MEYLIA (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pengembangan media e-learning menggunakan moodle; 2) mendeskripsikan kelayakan media e-learning menggunakan moodle; 3) evaluasi siswa terhadap media pembelajaran e-learning menggunakan moodle yang sudah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI APK 3 di SMK PGRI 13 Surabaya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi materi oleh ahli materi serta lembar validasi media oleh ahli media. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis lembar validasi dan analisis lembar angket evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran e-learning menggunakan moodle pada mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana; 2) media pembelajaran e-learning menggunakan moodle pada Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana memperoleh nilai kelayakan media sebesar 90,11% sehingga dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran; 3) Berdasarkan analisis evaluasi siswa diperoleh rata-rata presentase sebesar 98% dan dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle pada Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana di SMK PGRI 13 Surabaya dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-Learning, Moodle, Administrasi Sarana dan Prasarana Abstract The development research of e-learning media using moodle has several purpose: 1) describe the process of development e-learning media using moodle; 2) describe the properness of e-learning media using moodle; 3) student evaluation to e-learning media using developed moodle. The method using research and development. This research using ADDIE model, consists of Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subject in this research are 15 students of XI APK 3 in SMK PGRI 13 Surabaya. Data collection instruments used were material validation, and media validation. Data analysis techniques in this study used validation analysis and analisis student evaluation questionnaire. The results of the research are: 1) This development research produces product e-learning media using moodle on administration of facilities and infrastructure; 2) E-learning media using moodle on administration of facilities and infrastructure got properness score of 90.11% so that stated very decent to used in the learning process. Based on analysis student evaluation obtained an average percentage of 98% and it can be concluded that the development of research e-learning media using moodle on administrative facilities and infrastructure in SMK PGRI 13 Surabaya stated very decent to usedf in the learning process. Keywords: E-Learning, Moodle, Facilities and Infrastructure Administration

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPAPUNESA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran ...