Isu mendasar perlunya dosen untuk mengajarkan berpikir adalah karena banyaknya mahasiswa yang tidak mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh ke dunia nyata. Mengajarkan mahasiswa berpikir metakognitif menjadi penting dalam era informasi dan globalisas agar mampu menjaring informasi yang penting dan yang tidak relevan. Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) sarat dengan upaya pemberdayaan kesadaran metakognitif secara sistematis dan terencana. Sintaks pembelajaran RQA yakni membaca (Reading), membuat pertanyaan substansial (Questioning) kemudian menjawabnya sendiri (Answering) adalah termasuk kegiatan yang memberdayakan kesadaran dan keterampilan metakognitif, yaitu: strategi perencanaan, strategi monitoring, dan strategi evaluasi. Strategi metakognitif tersebut diaplikasi secara luas pada situasi yang berbeda. Batasan matakuliah taksononomi tumbuhan adalah: pencirian, identifikasi, klasifikasi, dan tatanama. Semua aspek tersebut akan dapat dipahami dengan baik jika mahasiswa mampu menggunakan strategi belajar metakognitif.  Kata kunci: berpikir metakognitif, pembelajaran RQA, taksonomi tumbuhan
Copyrights © 2013