Jurnal Mentari
Vol 16, No 2 (2013)

PEMBERDAYAAN KEMAMPUAN BERPIKIR METAKOKNITIF MELALUI PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING PADA MATAKULIAH TAKSONOMI TUMBUHAN

Hasanuddin - (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2014

Abstract

Isu mendasar  perlunya dosen  untuk mengajarkan berpikir  adalah karena banyaknya mahasiswa yang tidak mampu  mengaplikasikan  pengetahuan yang diperoleh  ke dunia nyata. Mengajarkan mahasiswa berpikir  metakognitif  menjadi  penting dalam era  informasi dan globalisas agar mampu menjaring informasi yang penting dan yang tidak relevan.  Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) sarat dengan upaya pemberdayaan kesadaran metakognitif secara sistematis dan terencana. Sintaks pembelajaran RQA yakni membaca (Reading), membuat pertanyaan substansial (Questioning) kemudian menjawabnya sendiri (Answering) adalah termasuk kegiatan yang memberdayakan kesadaran dan keterampilan  metakognitif, yaitu: strategi perencanaan, strategi monitoring, dan strategi evaluasi.  Strategi metakognitif tersebut diaplikasi secara luas pada situasi yang berbeda. Batasan matakuliah taksononomi tumbuhan adalah: pencirian, identifikasi, klasifikasi, dan tatanama. Semua aspek tersebut akan dapat dipahami dengan baik jika mahasiswa mampu menggunakan strategi belajar metakognitif.  Kata kunci: berpikir metakognitif, pembelajaran RQA, taksonomi tumbuhan

Copyrights © 2013