JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

12 Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMK Negeri 1 Woja Tahun pembelajaran 2017/2018: Nuraini

JIIP, Redaksi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD ) dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia sebagai bahan kajian menyunting ejaan dan tanda baca di Kelas X-TKR SMK Negeri 1 Woja tahun pelajaran 2017/2018. Adapun jenis dalam penelitian adalah jenis Penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, siklus 1, 2, dan, 3. Dari hasil tindakan yang dilakukan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa, hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi setelah diberi tindakan yakni pada siklus 1 rata-rata nilai siswa adalah 57,76%, pada siklus 2 meningkat menjadi 66,33% ada kenaikan sebesar 8,57%. Begitu juga dari Siklus 2 rata-rata siswa 66,33% menjadi 75,52% pada siklus 3, ada peningkatan sebanyak 75,52% - 66,33% = 9,19%.Ketuntasan secara kelasikal siswa meningkat jika pada siklus 1 sebesar 28,57%, pada siklus 2 menjadi 61,90% dan pada siklus 3 menjadi 90, 47%, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus 1, 2, dan 3) yaitu masing-masing 57,76%, 66,33% , 75,52% Pada siklus 3 ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap Hasil Belajar siswa yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan aktivitas Guru dan siswa dalam Pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...