Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel

POLA KESANTUNAN KALIMAT PERMINTAAN PADA MODEL DIALOG ENGLISH FOR WAITER PADA MAHASISWA STIPAR TRIATMA JAYA

I Made Agung Rai Antara (STIPAR Triatma Jaya)
Ni Putu Yunik Anggreni (STIPAR Triatma Jaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat dibutuhkan dalam industri pariwisata. Salah satunya adalah bahasa inggris untuk pramusaji atau English for Waiter. Mahasiswa STIPAR Triatma Jaya merupakan calon pekerja di industri pariwisata yang harus mampu melakukan percakapan tentang reservasi sampai menangani pembayaran di restoran menggunakan bahasa inggris dengan baik dan sopan. Salah satu hal yang sangat penting diperhatikan dalam berkomunikasi adalah kesantunan.Kesantunan berbahasa sangat penting dipahami dan dipraktekkan karena hal ini dapat dijadikan sebuah pedoman untuk berinteraksi dengan tamu dari berbagai negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai media untuk berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola kesantunan kalimat permintaan pada model dialog bahasa Inggris mahasiswa manajemen food and beverage dan pola yang paling sering digunakan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi, yaitu mendokumentasikan dialog yang sudah ditulis mahasiswa kemudian dianalisis secara deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola kesantunan kalimat permintaan yang terdapat pada model dialog English for Waiter dilihat dari syntactic realization didominasi oleh modals dengan frekuensi penggunaan sebanyak 221 kali, diikuti oleh kalimat imperatif sebanyak 101 kali, interogatif. 78 x dan deklaratif 32 x.Dilihat dari leksical realization, kata yang paling sering digunakan adalah like sebanyak 60 kata dan want sebanyak 6 kata.Kata Kunci : Bahasa Inggris profesi, kesantunan, kalimat permintaan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

manajemen_pelayanan_hotel

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel (JMPH) is a journal that publishes results of tourism and hotel studies researches. All articles in JMPH have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. JMPH is published by Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia twice a year, June ...