Keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris adalah keterampilan seseorang untuk menyampaikan hasrat dan pemikirannya kepada siapa saja secara lisan dengan menggunakan bahasa Inggris. Keterampilan berbicara tersebut sulit berkembang jika tidak dilatih secara terus-menerus melalui interaksi antara pengguna bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara efektif mahasiswa sebagai pengguna Bahasa Inggris yaitu keterampilan berbicara yang dimiliki oleh seseorang jika ia dapat dan mampu menguasai masalah dan topik pembicaraan. Bagi mahasiswa perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya, konsentrasi Manajemen Akomodasi Perhotelan (MAP), kemampuan berbicara talk as interaction yang baik dan efektif merupakan keterampilan yang mutlak harus dikuasai. Keterampilan berbicara talk as interaction khususnya bagi seorang pramugraha yang memiliki tugas dalam memberikan pelayanan kepada tamu ketika menyiapkan dan menata kamar di hotel. Metode guided conversation diterapkan untuk meningkatan keterampilan berbicara talks as interaction yang baik dan efektif sesuai dengan SOP seorang pramugraha.Penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan mekanisme penerapan metode guided conversation dalam pembelajaran keterampilan berbicara Talks as interaction dalam bahasa Inggris Profesi (BIP) pada mahasiswa Manajemen Akomodasi Perhotelan (MAP) di Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya, Badung Bali dan menghasilkan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris Profesi di Bidang Perhotelan. Populasi penelitian adalah seluruh peserta. Subyek penelitian adalah mahasiswa program studi Diploma III, Bidang Studi Manajemen Akomodasi Perhotelansemester 4, STIPAR Triatma Jaya, Badung, Bali tahun ajaran 2017/2018 dengan sample berjumlah 36 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode guided conversation dapat meningkatan kemampuan berbicara mahasiswa,yang dibuktikan dari hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif. Secara kuantitatif terjadi peningkatan rerata dari setiap evaluasi tes. Hasil rerata pratindakan berkisar 71.44yang mengindikasikan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa dengan kategori baik namun belum memenuhi kriteria kemampuan berbicara talk as interaction di departemen Tata Graha yang diperlukan oleh seorang pramugraha yang harus mampu berbicara lancar, baik, dan efektif. Setelah penerapan metode guided conversation pada siklus I nilai rerata mahasiswa meningkat menjadi 76.14 dan selanjutnya menjadi 81.86 pada siklus II yang mengindikasikan pencapaian sangat baik.Kata Kunci: keterampilan berbicara, talk as interaction, metode guided conversation, Bahasa Inggris Profesi, Roomboy
Copyrights © 2019