JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan

HUBUNGAN ANTARA BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KREATIVITAS GURU

Umyati Umyati (Guru SDN Cinyosog I Cileungsi, Bogor, Jawa Barat)
Sumardi Sumardi (Program Pascsarjana Universitas pakuan)
Eka Suhardi (Program Pascsarjana Universitas pakuan)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara budaya sekolah dan kompetensi pedagogik guru dengan kreativitas guru secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama. Penelitian kuantitatif ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas, yaitu budaya sekolah dan kompetensi pedagogik serta kreativitas guru sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor pada tahun 2017. Jumlah sampel penelitian sebanyak 152 orang guru PNS yang diambil secara proportional random sampling dari populasi sebanyak 245 guru SDN. Temuan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara budaya sekolah dengan kreativitas guru, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kreativitas guru dan Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara budaya sekolah dan kompetensi pedagogik guru secara bersamasama dengan kreativitas guru. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kreativitas guru dapat ditingkatkan dengan budaya sekolah dan kompetensi pedagogik guru secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama. Kata kunci: Budaya sekolah, kompetensi pedagogik, dan kreativitas guru

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...