Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan
Volume 14 Nomor 1 Tahun 2020

Dampak Pendidikan Kewirausahaan pada Entrepreneur Behavior Index (EBI) dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana di Denpasar

I Gst. A. Kt. Gd. Suasana (Unknown)
Ni Wayan Ekawati (Unknown)
I Ketut Sudiana (Unknown)
I Gede Wardana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah menjelaskan dampak pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha, menjelaskan dampak pendidikan kewirausahaan terhadap EBI, menjelaskan dampak EBI terhadap niat berwirausaha dan menjelaskan peran EBI sebagai mediator dampak antara pendidikan kewirausahaan dan niat berwirausaha. Penelitian dilakukan terhadap pada mahasiswa program S1 Reguler FEB-Unud yang telah lulus mata kuliah kewirausahaan dalam kurun waktu tiga semester terakhir. Penelitian menggunakan sampel individu sebagai unit analisis dengan ukuran sampel responden 200 orang dan dibagi ke dalam tiga prodi secara proposional. Teknik analisis menggunakan analisis SEM berbasis AMOS. Hasil analisis menemukan bahwa pendidikan kewirausahaan berdampak signifikan terhadap niat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berdampak signifikan terhadap EBI, EBI berdampak signifikan terhadap niat berwirausaha, dan EBI berperan signifikan memediasi secara parsial dampak pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha. Artinya bahwa, menumbuhkan dan mengembangkan niat berwirausaha lulusan perguruan tinggi, dapat dilakukan melalui pengembangan kurikulum pendidikan kewirausahaan, namun pendidikan tersebut tidak sepenuhnya harus dibebani dengan peningkatan nilai-nilai karakter individu (EBI). Kata Kunci: pendidikan kewirausahaan, entrepreneur behavior index (EBI), dan intensi/niat berwirausaha.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmbk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Matrik:Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan is a scientific journal published by the Department of Management, Faculty of Economics, Udayana University which aims to publish articles of empirical and theoretical studies in the field of marketing management, finance, human resources, ...