Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perilaku prososial anak ketika berinteraksi dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengunaan alat permainan edukatif di luar kelas terhadap perilaku prososial anak usia dini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Hikmah Bandung tahun ajaran 2017-2018 dengan jumlah populasi 15 anak. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 15 anak yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini merupakan daftar cek observasi yang kemudian dianalisis menggunakan statistika inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ketika hipotesis diuji pada α = 0,05 dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test, didapatkan hasil p = 0,001 yang berarti alat permainan edukatif di luar kelas mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan perilaku prososial anak. Peningkatan tersebut tidak terlepas dari faktor alat permainan edukatif di luar kelas, karakteristik anak dan waktu pelaksanaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hendaknya guru dapat memperhatikan penggunaan alat permainan edukatif di luar kelas untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini.
Copyrights © 2017