Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar internal anak di SD Negeri 1 Ramban Tahun Pelajaran 2015/2016. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar internal anak di SD Negeri 1 Ramban Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan korelasional dengan populasi berjumlah 118 siswa yang terdiri dari siswa Kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri 1 Ramban Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang diambil 50% dari jumlah populasi dengan teknik stratified proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana yang telah terpenuhi uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai t_hitung sebesar 9,5200 > t_tabel sebesar 2,00172, sehingga hipotesis yang diajukan diterima, maka ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar internal anak di SD Negeri 1 Ramban Tahun Pelajaran 2015/2016. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat belajar internal dengan kontribusi R Square sebesar 61%.
Copyrights © 2017