MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 1, No 1 (2019): MATHEMA

STRATEGI PRE¬VIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R)PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Marchamah Ulfa (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Hasil belajar yang kurang memuaskan merupakan indikasi strategi pembelajaran yang belum optimal serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Salah satu variasi strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemam­pu­an pemahaman konsep siswa yaitu strategi pembelajaran PQ4R. Strategi ini diguna­kan untuk melihat efektivitas serta peningkatan pemaham­an konsep matematika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 8 Bandarlampung. Melalui teknik Cluster Random Sampling terpilih kelas VII E dan VII F sebagai sampel penelitian. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata pemahaman konsep siswa, rata-rata pencapaian indikator serta rata-rata peningkatannya pada pem­belajaran PQ4R lebih baik. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi PQ4R efektif dalam meningkatkan kemam­puan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...