Jurnal Pendidikan Vokasi
Vol 5, No 2 (2015): Juni

Praktik pengalaman lapangandan dampaknya terhadap kompetensi mahasiswa program studi teknik informatika dan komputer

Ratih Widya Nurcahyo (IKIP PGRI Pontianak)
Badrun Kartowagiran (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini di bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi mahasiswa STKIP PGRI Pontianak dalam kegiatan PPL di SMK, SMA, SMP se Kota Pontianak; (2) pengaruh praktik persekolahan terhadap kompetensi mahasiswa STKIP PGRI Pontianak sebagai calon guru; (3) pengaruh rencana pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa STKIP PGRI Pontianak sebagai calon guru; (4) pengaruh pelaksanaan pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa STKIP PGRI Pontianak sebagai calon guru; (5) pengaruh secara bersama-sama antara praktik persekolahan, rencana pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, termasuk kategori cukup dan kompetensi profesional termasuk kategori baik;(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara praktek persekolahan terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dengan nilai R2 = 0,515; p= 0,000; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rencana pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dengan nilai R2 =0,272; p=0,000; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelaksanaan pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dengan nilai R2 = 0,515; p= 0,000; dan (5)terdapat pengaruh positif dan signifikan antara praktik persekolahan, rencana pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran secara bersama-sama terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dengan nilai R2 = 0,931. Prediksi perubahan Y ditunjukan oleh persamaan garis regresiY = 9,463 + 0,759X1 + 0,819X2 +0,763X3. FIELD EXPERIENCE PRACTICE AND ITS IMPACT ON STUDENT’S COMPETENCIES PROGRAM INFORMATION AND COMPUTER ENGINEERINGAbstractThis research aims to determine: (1) the achievement of student’s competence in activities of STKIP PGRI Pontianak Practice Experience (PPL) in vocational, high school, junior high school Pontianak City; (2) the correlation betwen schooling practice and student’s competency at STKIP PGRI Pontianak as prospective teachers; (3) correlation betwen the competence of the student and lesson plans STKIP PGRI Pontianak as prospective teachers; (4) correlation betwen student’s competence and learning implementation STKIP PGRI Pontianak as prospective teachers; and (5) jointly correlation between schooling practices, lesson plans, and implementation of student’s learning and student’s competency. These results indicate that (1) pedagogic competence, personality, social, and professional categories each including moderate, moderate, moderate, and good respectively, (2) there is a positive and significant correlation between schooling practices and student’s competence with values R2 = 0.515; p = 0.000; (3) there is a positive and significant correlation between competence lesson plan and student’s with a value of R2 = 0.272; p = 0.000; (4) there is a positive and significant correlation between the implementation of learning with student’s competence with a value of R2 = 0.515; p = 0.000; and (5) there is a positive and significant correlation between schooling practices, lesson plans, and implementation of learning together and the competence of student’ss as prospective teachers with a value of R2 = 0.931. The predicted change in Y is indicated by the regression line equation Y = 9.463 + 0,759X1 + 0,819X2 + 0,763X3.

Copyrights © 2015