Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI

EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA SECARA HOLISTIK

Danniyati Zuchdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Pembelajaran bahasa secara holistilc memililci ciriiri Ichusus. Demilcian jugaseharusnya bentulc evaluasinya. Kenyataan menunjulclcan bahwa evaluasi yang sekarangdigunakan lebih banyalc berupa tes. Tes-tes tersebut Icurang dapat mengevaluasiIcemampuan berbahasa (liDguIstk performance), lebih banyak mencalcup Icompetensibahasa (liDguIstk compete~). Mengingat Cungsi babasa adalah sebagai saranakomunikasi, sarana berfilcir, dan wabana elcspresi, maka pembelajaran bahasa termasukevaluasinya barus dapat mengembangkan kemampuan berbahasa secara Cungsional dankontelcstual. Dengan kata lain, evaluasi pembelajaran bahasa seharusnya dilalcukansecara holistik. Evaluasi secara holistik meliputi pengamatan proses, pengamatan hasil.pengulcuran Icontelcstual, dan pengukuran nonlcontekstual.

Copyrights © 1997






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...