Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2

PENGEMBANGAN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN TERPADU PRODI PENDIDIKAN EKONOMI

Wiedy Murtini (Unknown)
Sri Sumaryati (Unknown)
Leny Noviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2014

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menguji efektivitas prototipemodel laboratorium entrepreneurship terpadu di Program Studi Pendidikan Ekonomi melalui uji coba secara terbatas; (2) melakukan evaluasi dan revisi model; (3) uji coba secara lebih luas, model yang disarankan bagi upaya pengembangan ke depan. Pendekatan penelitian menggunakan research and development dengan dua tahapan penelitian. Pada tahap pertama telah dilakukan studi eksplorasi dan membuat prototipe model praktik kewirausahaan terpadu. Hasil penelitian tahap kedua adalah (1) uji coba rancangan model pada kelompok terbatas efektif ditunjukkan dengan kreativitas dan antusiasme serta keberhasilan tiga kelompok uji coba dalam menghasilkan dan menjual produk usaha. (2) Dari hasil evaluasi dan revisi, prototipe model pembelajaran praktik entrepreneurship terpadu dan model laboratorium entrepreneurship terpadu layak digunakan, revisi hanya pada teknis pelaksanaan. (3) Hasil uji coba model secara lebih luas, secara keseluruhan menyatakan model laboratorium entrepreneurship layak untuk digunakan dan diusulkan untuk dilaksanakan di Prodi pendidikan Ekonomi, PIPS, FKIP, UNS. Kata Kunci: laboratorium kewirausahaan terpadu, entrepreneurship terpadu

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...