Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRUKTUR ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA

Syarifah Fadillah (Unknown)
Jamilah Jamilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dan (2) mengetahui kemampuan pembuktian matematis mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development approach dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models). Subjek penelitian adalah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang terdiri atas satu kelas. Data dianalisis melalui perpaduan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan, penggunaan bahasa, maupun perwajahan, dengan beberapa catatan perbaikan, (2) penggunaan bahan ajar struktur aljabar dapat mengembangkan kemampuan pembuktian matematis sebesar 18,84%.Kata Kunci: Bahan Ajar Struktur Aljabar, Kemampuan Pembuktian MatematisDEVELOPING ALGEBRAIC STRUCTURE TEACHING MATERIALS TO IMPROVE STUDENTS’ MATHEMATICAL PROOF ABILITYAbstract:This study was aimed to: (1) develop algebraic structure teaching materials to improve the students’ mathematical proof ability, and (2) find out the students’ mathematical proof ability after being taught using the developed materials. This study belonged to the research and development approach using the four-D model. The subjects were students of IKIP PGRI Pontianak taking the Algebraic Structure Course in the odd semester of the 2014/2015 academic year in one class. The data were analyzed both descriptively and qualitatively. The findings showed that: (1) the developed algebraic structure teaching materials were valid viewed from the content accuracy, understandability, language use, and face validity, with some notes for improvement, and (2) the use of the developed algebraic structure teaching materials could improve students’ mathematical proof ability as much as 18.84%.Keywords: Algebraic Structure teaching materials, Mathematical Proof Ability

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...