Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI

TES BAHASA BENTUK URAIAN: UPAYA ICE ARAH KUALITAS SOAL

Pujiati Suyata (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Berbagai upaya ke arah feningkalan kualilas pendidikan tens dilakukan. Salahsat" di antaranya adalah dengan memantau secara lerus menerus prertasi belajar siswa.Pemantauan yang baik dilakukan dengan pengukuran secara tepat lewal alal ukur yangkrkualitas terhadap prestasi belajar tersebut. Yang menjadi masalah, upaya apakahyang pal dilakukan agardiperoleh soal yang berkualitas?Soal tes bahasa dapat berkntuk tes objektif (TO) dan dapal pula krbentuk tesuraian (TJ). Ada anggapan, pencapaian kualiras soal TU lebih mudah sebab tidakterlalu dituntut persyaralan yang krmacam-macam sepeni pada soal TO. Anggapantersebut tidak knar sebab secara garis baar kedua jenis les ternbut mempunyaituntutan yang sama, yaitu syarat validitas an reliabilitas. Kalau pun ada perbedaan,perbedaan lersebut hanya masalah teknis pelaiisnaan.Unruk memperoleh soal TU yang bail;, penyusun soal perlu melewatitahap-tahap lenentu yang masing-masing tahap perlu dikonlrol secara ketal. Tahaptahaptersebut adalah percncanaan, penulisan, penelaahan, pelabnaan tes danpenyekoran, analisis dan inlerprerasi, sena revisi. Lewat tahap-tahap tersebut, kualitassoal TU akan dapal ditentukan.

Copyrights © 1997






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...