Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1

PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH TAPIOKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Nunik Iswardhani (Unknown)
Djukri . (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa setelah menggunakan sumber belajar yang berupa limbah tapioka pada materi Archaebacteria dan Eubacteria; dan (2) pengaruh sumber belajar yang berupa limbah tapioka terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Pati. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group, pretest-post test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MAN 2 Pati kelas X, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dan kelas X-3 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan nontes. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan hasil uji paired sample t test nilai sig.(2-tailed)α. Tidak ada perbedaan hasil belajar ditunjukkan dengan hasil uji paired sample t-test nilai sig.(2-tailed)α. Motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan sumber belajar limbah tapioka lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan sumber belajar konvensional. Kata Kunci: limbah tapioka, sumber belajar, motivasi, prestasi belajar THE INFLUENCE OF USING TAPIOKA WASTE AS A SOURCE OF LEARNING BIOLOGY ON STUDENTS’ MOTIVATION AND ACHIEVEMENT Abstract: This aim of this research is to know (1) the differences of students’ motivation and achievement after using tapioca waste as learning resource in tenth grade, MAN 2 Pati in Archaebacteria and Eubacteria materials: (2) the effects of using tapioka waste as learning resources on students’ motivation and achievement in tenth grade, MAN 2 Pati. This research is quasi-experimental design with randomized control group, pre-post test. The study population was all students of Class X MAN 2 Pati, while the research sample is Class X-2 as the control group and Class X-3 as the experimental group. Data collection techniques were test and non-test techniques. The analyses used the t-test to determine differences in motivation and achievement. The results show that there is difference in learning motivation after using tapioca waste as a source of learning, indicated by the result of paired samples t-test, value of sig.(2-tailed)α. There is no difference in learning achievement after using tapioca waste as a source of learning, which is indicated by paired sample t-test, the value of sig.(2-tailed)α. Learning motivation and achievement of students who use tapioca waste as learning resources is higher than that of students who use the conventional learning resources. Keywords: tapioca waste, learning resources, motivation, learning achievement

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...