Cakrawala Pendidikan
No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1

PANDANGAN BUNG KARNO TENTANG PANCASILA DAN PENDIDIKAN

Dwi Siswoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2013

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang esensial dari pandangan Bung Karno tentang Pancasila dan pendidikan. Metode penelitian historis ini mengkaji karya-karya Bung Karno. Data dianalisis dengan teknik analisis menggunakan pendekatan hermeneutika dialektis untuk memperoleh fusi horison makna tentang Pancasila dan pengembangan pendidikan nasional Indonesia. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran pandangan tentang urgensi nasionalisme dalam membangun bangsa dan urgensi Pancasila sebagai dasar filosofi negara termasuk sebagai dasar filosofi pendidikan nasional Indonesia, serta urgensi pendidikan nasional dalam membangun kepribadian (karakter) bangsa Indonesia. Pengembangan pendidikan nasional dilakukan menggunakan pendekatan “eklektik-inkorporatif-harmonis-dinamis”.Kata Kunci: nasionalisme, pendidikan nasionalBUNG KARNO’S VIEW ON PANCASILA AND EDUCATIONAbstract: This study was aimed at finding out Bung Karno’s essential view on Pancasila and education. This historical research method examined the philosophical works of Bung Karno. The data were analyzed using the hermeneutic dialectic approach to pick out the meaning horizon fusion on Pancasila and the development of the Indonesian national education. The findings showed a snapshot view of the urgency of nationalism in building the nation and the urgency of Pancasila as the country’s basic philosophy including Indonesia's national philosophy of education, as well as the urgency of the national education in building the nation’s character. The development of the national education was carried out through the ‘eclectic-incorporative-harmonious-dynamic’ approach.Keywords: nationalism, national education

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...