Kalkulator sebagai hasil dari teknologi belum banyak dimanfaatkan dalamdunia pendidikan, khususnya penggunaannya sebagai alat banlu pengajaran malemalikadi kelas. Salah satu sebabnya adalah masih banyaknya pendapat yang pro dan kontramengenai dampak penggunaan kalkulator lerhadap ketrampilan berhitung siswa.Namun jika dilihat secara cermat maka pihak yang kontra terhadap penggunaankalkulalor di kelas dalam pengajaran matematika lebih dapat diartikan sebagai kurangsiapnya situasi pengajaran, baik guru maupun sekolah unluk mengintegrasikankalkulalor dalam pengajaran. Oi lain pihak penolakan penggunaan kalkulalor dapat jugadipandang sebagai "warning" kepada pendidik khususnya guru yang hendakmenginlegrasikan kalkulator dalam kelas.Tulisan ini bermaksud mengupas Iatar belakang mengapa terjadi dua kelompokpro dan kontra tentang penggunaan kalkulator dalam pengajaran matematika. Secarapedagogi. keuntungan instruksional apa yang diperoleh jika siswa diperkenankanmenggunakan kalkulator dalam situasi belajar yang tepat. Selain itu pula akan dilulissiluasi belajar di mana guru tidak memperkenankan siswa menggunakan kalkulalor.
Copyrights © 1997