Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV

PERANAN INDUSTRI DAN PERGURUAN TINGGI DALAM PENEMUAN, INOVASIDAN ALm TEKNOWGI MENUJU HAK CIPTA DAN HAK PATEN

Soenarto Soenarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dimanfaatkan olehmanusia untuk mengatasi kesuIitan-kesuIitan dan memenuhi kebutuhanhidup. Bangsa atau manusia di negara maju dapat memanfaatkan teknologimutakhir, sementara sebagian besar manusia yang lain menanggungdampak negatif sebagai akibat penerapan teknologi. Manusia mencarialternatif teknologi yang akan dikembangkan dan diterapkan, denganmelakukan pengkajian terhadap teknologi, agar dapat memanfaatkanteknologi seoptimal mungkin dengan mengantisipasi dampak negatifyang mungkin teIjadi.JImu pengetahuan manusia terdiri dari 4 ranah: Descriptive,Prescriptive, Ponnal Knowledge dan Praxiology, mempunyai hubungantimbal balik dengan kehidupan manusia yang memiliki empat sistemideology, sociology, technology, dan environment. Pengembangan danpenerapan IPTEK bersumber dari penemuan dan inovasi, atau lewat alihteknologi dari negara maju dengan mempertimbangkan keuntungan danresiko yang mungkin teIjadi. Penemuan dan inovasi yang dilakukan olehpara perguruan tinggi, perIu ditunjang dan didukung oleh peraturan danpengakuan legalitas hak cipta dan paten sebagai intelectual right.Beberapa keiJdala yang dialaroi perguruan tinggi dalam mewujudkanhak cipta dan hak paten terhadap hasil temuan: (1) kurang tersedianyadana, (2) rendahnya motivasi untukpenelitian dasar, (3) belummemadainya penghargaan fmansiil terhadap penemuan,(4) terbatasnyatenaga profesional dalam penelitian dasar, (5)penelitian di perguruantinggi kurang terkait dengan teknologi yimg diterapkan industri, (6)pemahaman tentang hak paten dan hak cipta masih kurang, dan (7)belum ada upaya nyata untuk memasyarakatkan peraturan hak cipta danhak paten di lingkungan kampus. , .Ada tiga hal yang perIu diperhatiklin dalam pengusulan hak ciptadan hak paten: persyaratan, organisasl, dan prosedur pelaksanaan.Prosedur pengajuan usulan melalui 4 tahapan: (a) usulan pengajuanpenemuan; (b) kelengkapan lampiran bukti hasil temuan, gambar disaindari hasil penemuan, dan pernyataan tentang hasil temuan; (c) menyampaikanusulan kepada Ketua Jurusan dan Dekan, dan diteruskan ke panitiadaerah; (d) pengesahan oleh Rektor dan diajukan ke Panitia Nasionallewat Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Copyrights © 1996






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...