Cakrawala Pendidikan
No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIDANG KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI BERBASIS METAKOGNISI

Purnamawati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2013

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran bidang keahlian elektronika industri berbasis metakognisi siswa (MPBKEI-BMs) dan perangkat pembelajaran di SMK yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi, model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid. (2) Berdasarkan hasil ujicoba, model tersebut memenuhi kriteria praktis. (3) Berdasarkan hasil ujicoba, model tersebut memenuhi kriteria efektif, yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa dalam pembelajaran, respon siswa, dan pencapaian kompetensi siswa baik secara individu maupun klasikal.Kata Kunci: pengembangan model pembelajaran, elektronika industri, berbasis metakognisiDEVELOPING A METACOGNITION-BASED LEARNING MODEL FOR INDUSTRIAL ELECTRONICSAbstract: This study aimed to develop a metacognition-based learning model and its instructional kits for the Industrial Electronics in Vocational High Schools satisfying validity, practicality, and effectiveness criteria. The findings were as follows. (1) Based on the expert and practitioner validation, the developed learning model was valid. (2) Based on the results of the try-out, the developed model and its instructional kits satisfied the practicality criterion. (3) Based on the results of the try-out, the developed model and its instructional kits satisfied the effectiveness criterion, indicated by students’ learning activities, their responses to the learning implementation, and their individual and classical learning competence attainment.Keywords: a metacognition-based learning model, industrial electronics, vocational high schools

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...