Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI

STRATEGI PENGAJARAN BAHASA JAWA SEBAGAI BAHASA KEDUA

Suwarna Suwarna (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Kecendemngan bahasa Jawa sebagai bahasa kedua (82) di kota-kota (Besar) diJawa telah merisaukan para gum bahasa Jawa. Mereka merasa kebingungan untukmemilih strategi yang hams mereka gunakan untuk mengajar bahasa Jaw agar tujuanpengajaran bahasa Jawa berhasil. Sementara di keias mereka juga terdapat pembelajaryang memiliii bak Jawa sebagai 81. Hal demikian memerlnkan solusi allematitAda beberapa strategi untuk pengajaran bahasa Jawa sebagai 82. Antara laindengan slrategi (1) berdasarkan media bahasanya: (a) bahasa Indonesia. (b) bahasaIndonesia - Jawa, dan (c) bahasa Jaw - Indonesia: (2) berdasarkan tipe pengajarannya:yaitu "tormulaic speech" (ujaran terpola) dan "erentive speech" (ujaran beatif: dan (3)berdasarkan benluknya: (a) slrategi metakognitif. (b) strategi kognitif. (c) nrategisosioafektitUntuk memilih strategi yang lcbih tepal, disarankan kepada gum bahasa Jawa:(,1,) a.m bila munekin Dada taha~a wal w. n~-a.ia ranw mbelaiar dam1 dikelommkkelompokkankrdasarbn bahasa'penamanya, (2) lahap kmnhan pemkiajarmulai dtcnmpur anlarbahau, bail. yang mrmilrki 81 bahasa Jawa maupun 82 bahar?Indonesia, dan (3) pembelajar pdu dibawa untuk karyawisata bahasa untukmemberihn pemajanan bahasa (language exposure).

Copyrights © 1997






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...