Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV

TEKNIK DELPHI SUATU PENDEKATAN DAtAM PERENCANAAN PENDIDIKAN

Soenarto Soenarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2016

Abstract

Perencanaan pendidikan merupakan tahap awal dadaktivitas institusi pendidikan dan latihan yang harus dilakukanpada saat yang tepat dan didukung oleh data yang akuratsehingga program yang direncanakan dapat diimplementasikandengan baik dan dapat dicapai hasil yang optimal. Data yangakurat hanya diperoleh dari orang yang mengetahui permasalahanyang terkait dengan aktivitas organisasi, denganmenggunakan instrumen yang benar, dan ditempuh melaluipendekatan yang sesuai.Dalam perencanaan pendidikan dapat dilaksanakandengan menggunakan pendekatan kualitatif. pendekatan kuantitatif,dan pendekatah gabungan antara kualitatif dengankuantitatif•.Pendekatan kualitatif dicapai dengan menentukanprakiraan keberhasilan dan proyeksi di masa yang akandatang lewat musyawarah dan mufakat di antara para pakar.Cara ini disebut Teknik Delphi. Penerapan Teknik Delphitampaknya sangat sesuai dengan pola berpikir bangsa Indonesiayang mengan~t falsafah Pancasila, di mana makna padasila ke-4 adalah musyawarah uotuk mencapai mufakat dalammenyelesaikan masalah.Penerapan Teknik Delphi didasarkan pada 3 asumsi: (1)pendapat beberapa orang secara konsensus lebih baik danlebih komprehensif daripada hanya pendapat seseorang; (2)untuk memperoleh data yang akurat, para panel~s hendaknyaorang yang berpandangan luas tentang masa depan danmengetahui permasalahan yang terkait dengan tujuan organisasi;(3) untuk memperoleh data yang bebas dari rancu, parapakar diusahakan tidak saling berkomunikasi. PenggunaanTeknik De1phi dapat dicapai 3 sasaran: (1) penentuan tujuanlembaga; (2) penentuan jenis pertanyaan dalam instrumenanalisis ~ebutuhan; dan (3) penentuan persyaratan yang harusdipenuhi dan formulasi strategi untuk mencapai tujuan.

Copyrights © 1994






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...