Evaluasi hasil belajar merupakan bagian yangtak terpisahkan dari kegiatan belajar. nlengajar.Evatuasi hasil belajar-ITIerupakan tolok ukur utanladalatTI penentuan kualitas proses betajar Inengajar dilenlbaga-Ienlbaga pendidikan formal.Sebagal bahatl ajar, saius 1l1CllllJUll.Yai lll'lSUI'"unsur spesifik berupa produk sains, proses sains, dansikap sains, yang Inembedakannya dari disiplin ihnulainnya. Spesiikasi sainsini - menuntut carapenlbelajarannya yang spesifik pula. Konsekuensinyaadalah, teknik evaluasi hasil belajarnya selnestinyamenyesuaikan dengan Inodel pernbelajaran yangdilangsungkan.A1I1henlic assesf71enl dirasa sangatcocok diterapkan sebagai alat evaluasi padaperkuliahan/pelTIbelajaran sains. Denganalhenticassesment, mahasiswa dievaluasi bukan saja dalamhalpenlahaman materi· perkuliahan, melainkan jugadalalTIhal tindakan dan karya-karya oyata _sebagai wujud daripenlahamannyaatasmateri perkuliahan. Modelpenilaian denlikian dirasa dapatmengak0I110dasiberbagai kelnalnpuan dan ketrampilan serta sikapsains yang dikeillbangkan selalnapelTIbelajaran(perl·atllahan) sains.LPTK sebagai lemabaga pencetak dan pembinatenaga kependidikan,sang-at berperan dalamnlclnpelopori pcnataan sistem evaluasi dalanl rangkaretornlasi pendidikan. Implementasiauthentica.\·seslnen( dalanl perkuliahan, khususnya dalalTIbidang sains, 111erupakan alternarif cara penataansistenl evaluasi. PadaITIUaranya, diharapkan sistetTIpendidikan kita, termasuk di SD, SLTP, dan SLTAmalTIpU InengelTIbangkan kamapuan, keterampilan,dan sikap-sikap sains pada seluruh subyek belajar, dansekaligus Illenghargai berbagai kemalnpuan subyekbelajarini melalui implemenatsi teknik evaluasi ya~gtepat
Copyrights © 2000