Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 28, No.1 (1998) EDISI KHUSUS DIES NATALIS

EFEKTIVITAS PAKET VIDEO UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA

Waluyanti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2015

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan penggunaan paket video untuk mengajarkan ketrampilan elektronika. Kriteria efektif adalah meningkatnya motivasi berprestasi, prestasi belajar, serta meningkatnya sikap siswa terhadap pelajaran ketrampilan elektronika setelah siswa belajar ketrampilan elektronika dengan paket video sebagai media belajar. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri Tridadi (SLTP 3 Sleman) dan SMP Negeri I (SLTP 1) Sleman Yogyakarta, tahun ajaran 1996/1997. Pengambilan sample dengan Random Assignment dan pengundian bertingkat. Rancangan penelitia ynag digunakn adalah Randomized Control Group Pre-test Post test Design. Prestasi belajar siswa diukur dengan menggunakan tes pencapaian hasil belajar (r=0,834) dan penilaian benda kerja hasil praktek. Sedangkan motivasi berpretasi dan sikap siswa terhadap pelajaran ketramplilan elektronika diukur dengan kuesioner menggunakan Skala Likert dengan r=0,81 untuk ubahan motivasi berprestasi dan r=0,96 untuk ubahan sikap belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANAKOVA satu jalur, dengan taraf signifikansi 5%. Temuan penelitian menunjukan skor yang meyakinkan untuk ketiga ubahan(prestasi belajar, motivasi berprestasi serta sikap siswa terhadap pelajaran ketrampilan elektronika) terjadi pada kelompok eksperimen. Dari hasil analisis ANAKOVA  satu jalurselanjutnya dapat diyakini bahwa penggunaan paket video untuk mengajarkan ketrampilan elektronika dapat meningkatkan motivasi berprestasi, prestasi belajar serta sikap siswa terhadap pelajaran ketrampilan elektronika.

Copyrights © 1998






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...