cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
ISSN : 25805525     EISSN : 25805533     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of study).
Arjuna Subject : -
Articles 504 Documents
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA GURU SMA/MA DI KABUPATEN ALOR Kande, Fredrik A.
Jurnal Kependidikan Vol. 41, No.2 (2011)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.263 KB) | DOI: 10.21831/jk.v41i2.2224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja  guru.  Faktor-faktor  tersebut  meliputi  tingkat  pendidikan  guru,  pengetahuan  tentang standar pendidikan, dukungan sesama guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan lingkungan fisik sekolah dengan kinerja guru SMA/MA Negeri di Kabupaten Alor. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Populasi penelitian adalah guru SMA/MA se-Kabupaten Alor dengan sampel guru pada SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Kalabahi, SMA Negeri Alor Barat Daya, dan MA Negeri Kalabahi Kabupaten Alor. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Adapun teknik analisis data digunakan teknik analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pendidikan guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan r 0,05; (2) pengetahuan guru tentang standar pendidikan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan r 0,05; (3) dukungan sesama guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan r 0,05; (4) gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan r 0,05; (5) lingkungan fisik sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan r 0,05; (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan guru,  pengetahuan  tentang  standar  pendidikan,  dukungan  sesama  guru,  gaya  kepemimpinan kepala sekolah, dan lingkungan fisik sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan sumbangannya terhadap kinerja guru sebesar 35%
KONSENTRASI DAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOPERTIS WILAYAH XII Elia Radianta
Jurnal Kependidikan Vol. 38, No.2 (2008)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.031 KB) | DOI: 10.21831/jk.v38i2.20728

Abstract

In an effort to improve the strength of the nation to competethrough higher education, this study was taken with an objective toknow the concentration and quality of private universities under theRegion XII Private University Coordinative Body using (1)Geographical Information System Analysis, (2) Table Analysis, and (3)Logit Model Analysis. It was found that, of the 75 private universities inthe region, 48% were geographically concentrated in Papua Province, 21.33% in Maluku, 17.33% in West Papua, and 13.33% in North Maluku. It was suggested that (1) the government attention should bedirected either through human resources improvement or localeconomic development; (2) the government commitment was needed toadvocate the human resources in each region to be the future leaders inimproving the quality of private universities to fulfil the expectation ofHELTS; and (3) the institutional capacity improvement needed to beextended
PENGARUH LATAR BELAKANG KELUARGA, KEGIATAN PRAKTIK, DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA Emilda Jusmin
Jurnal Kependidikan Vol. 42, No.2 (2012)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.36 KB) | DOI: 10.21831/jk.v42i2.1948

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang keluarga, kegiatan praktik, dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Subjek penelitian adalah siswa SMKN di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Sampel 205 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proporsional Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert empat alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang signifikan variabel latar belakang keluarga terhadap kesiapan berwirausaha dengan kontribusi sebesar 19,3%. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan praktik di unit produksi sekolah terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK dengan kontribusi sebesar 21,7%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha dengan kontribusi sebesar 18,5%. Keempat, terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama latar belakang keluarga, kegiatan praktik di unit produksi sekolah, dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dengan kontibusi sebesar 34,7%.
METODOLOGI PEMBELAJARAN SAINS-FISIKA BERBASIS KONTEKS DAN ASESMEN OTENTIK Wenno, Izaak Hendrik; Suparno, Paul
Jurnal Kependidikan Vol. 44, No.2 (2014)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1730.042 KB) | DOI: 10.21831/jk.v44i2.5231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metodologi mengajar sains-fisika berbasis konteks beserta perangkat yang melengkapinya. Penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen analisis kebutuhan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, analisis kebutuhan menunjukkan bahwa fasilitas infrastrukur untuk pembelajaran IPA di sekolah menengah atas (SMA) di provinsi Maluku masih kurang memadai. Kedua, dalam proses belajar mengajar, guru masih kurang kreatif dan model pembelajaran dan evaluasinya masih berbentuk konvensional. Ketiga, hasil test pembelajaran IPA dan asesmen otentik di SMA provinsi Maluku dapat dikategorikan sebagai efektif. Keempat, analisis kovarian multivariat menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (Fobserved = 7.47, 64.1, dan 326.56). Secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan metode ini dan asesmen otentik adalah lebih baik daripada yang melalui pembelajaran dan asesmen konvensional.
IDENTIFIKASI KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR MATEMATIKA DAN SAINS DI SEKOLAH DASAR Heri Retnawati; Badrun Kartowagiran; Samsul Hadi; Kana Hidayati
Jurnal Kependidikan Vol. 41, No.2 (2011)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.048 KB) | DOI: 10.21831/jk.v41i2.2223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika dan sains berdasarkan daya serap dan tingkat kesulitan butir tes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Data utama yang digunakan adalah respons peserta didik terhadap tes INAP 2007 untuk mata pelajaran matematika dan sains di kelas 5 SD. Tes ini merupakan dokumentasi Puspendik Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional untuk wilayah Yogyakarta. Data dianalisis melalui pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan daya serap (proporsi menjawab benar) pada pendekatan teori tes klasik dan tingkat kesulitan model Rasch pada pendekatan teori respons butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika berdasarkan daya serap meliputi 88,57% dari keseluruhan materi yang seharusnya dikuasai peserta didik; (2) materi untuk mata pelajaran matematika yang dianggap sulit yang dianalisis melalui pendekatan teori respons butir adalah perbandingan dan skala; jarak, waktu, dan kecepatan; operasi hitung campuran; serta luas bangun datar; (3) kesulitan peserta didik dalam pembelajaran sains berdasarkan daya serap meliputi 80% dari keseluruhan materi yang seharusnya dikuasai peserta didik; (4) materi untuk mata pelajaran sains yang dianggap sulit yang diketahui melalui pendekatan teori respons butir adalah proses fotosintesis tumbuhan air, magnet, katrol, perubahan wujud, sistem aliran darah, adaptasi, lapisan bumi, dan tanda gunung berapi meletus
DEVELOPING MICROCONTROLLER BASED KINEMATICAL EXPERIMENT SET Bambang Subali; Agung Wibowo; Sunarno Sunarno; Wawan Kurniawan
Jurnal Kependidikan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.236 KB) | DOI: 10.21831/jk.v2i2.15161

Abstract

This study was aimed at developing two sets of kinematics experiment namely free fall motion and microcontroller based projectil motion. This study used an R D research design that involves descriptive and evaluative methods. This research was conducted at the Physics Laboratory of Semarang State University and the Science Laboratory Semarang. The stages of this research included design design, tool making, tool validity testing, data retrieval and data processing. Validity test was done to validate the feasibility of the tool by an expert in physics and tested to physics students. A limited scale test and a large scale test were also be done in this study.These tests were conducted to determine the level of readability of the tool and the level of appropriateness of the equipment. This study produced a microcontroller-based experimental set that was feasible for free fall motion and projectile motion experiments. Time measurement results by the kinematics experiment set for free fall motion and projectile motion obtained a better level of accuracy than the previous tool that is equal to 98.30% and has an accuracy level of 99.99%.
ANALISIS KESIAPAN SMK RSBI DALAM PENINGKATAN DAYA SAING LULUSAN Muhamad Ali
Jurnal Kependidikan Vol. 43, No.1 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.288 KB) | DOI: 10.21831/jk.v43i1.1962

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil SMK Rintisan Bertaraf Internasional (SMK RSBI) di Daerah Istimewa Yogyakarta dan melakukan analisis berkaitan dengan kesiapannya dalam meningkatkan daya saing lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum profil sekolah kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta masuk pada kategori baik. Skor rata-rata yang diperoleh untuk kesiapan sumber daya manusia adalah 72.25%, proses belajar mengajar 67,00%, sarana dan prasarana 73,5%, manajemen 76,25%, pendanaan 66,25%, yang kesiapan budaya sekolah 71.50%, kemitraan 84.50%, dan mahasiswa dan lulusan 82,00%. Berdasarkan hasil di atas pemerintah perlu meningkatkan kualitas sekolah kejuruan utama untuk meningkatkan kualitas dalam rangka untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif di pasar global.
ANALISIS BUTIR DENGAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR Djemari Mardapi
Jurnal Kependidikan Vol. 28, No.1 (1998) EDISI KHUSUS DIES NATALIS
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6390.222 KB) | DOI: 10.21831/jk.v28i1.7244

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat konsistensi hasil analisis butir tes, estimasi kehandalan tes, dan estimasi kemampuan antara teori klasik dan teori respons butir. Populasi penelitian ini adalah sekkor tes kuasa (power test) sedanngcuplikannya adalah sekor hasil tes potensi belajar mahasiswa baru FPTK IKIP Yogyakarta angkatan 1992. Tes potensi belajar ini dirancang untuk seleksi masuk ke perguruan tinggi yang dikemabangkan oleh Pusat Pengembangan Sistem Pengujian Balitbang Depdikbud. Teknik analisis data yang digunakan adalah paket program MicroCat. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) jumplah   butir yang ditolak menutur teori tes klasik lebih banyak disbanding menurut teori respon butir 2) indeks konsistensi hasil analisi butir adalah rendah 3) terdapat hubungan yang tinggi antara hasil estimasi kemampuan pada kedua teori tersebut yaitu, 0,99 dan 0,98 untuk perangkat 1 dan perangkat 2, 4)indeks kehandalan tes menurut teori tes klasik dan teori respons butir sama-sama tinggi, dilihat dari besarnya kesalahan baku pengukuran. Selanjutnya disarankan agar para pengembang test untuk tinngkat regional mencoba menggunakan teori trespons butir dalam mengembangkan tes, dan perlu penelitian yang sejenis dengan data yang berbeda dan dengan paket program  yang baru.
PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM PENDIDIKAN IPA BERBASIS PEDAGOGY CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU Susilowati, Susilowati; Hastuti, Purwanti Widhy
Jurnal Kependidikan Vol. 43, No.2 (2013)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.413 KB) | DOI: 10.21831/jk.v43i2.2264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum pendidikan IPA berbasis Pedagogical Content Knowledge. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa IPA semester III yang mengikuti mata praktikum pendidikan IPA. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi produk petunjuk praktikum pendidikan IPA dan lembar observasi kegiatan praktikum. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan didukung oleh data kualitatif yang berupa saran perbaikan dari penilai ahli, teman sejawat, dan guru IPA. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan produk petunjuk praktikum yang layak digunakan setelah dinilai oleh ahli materi, teman sejawat, guru IPA, dan mahasiswa dengan rata-rata baik
BLENDED LEARNING: THE EFFECTIVENESS OF SCHOOLOGY BASED E-LEARNING ON MATHEMATIC COMMUNICATION ABILITY Setiyani Setiyani
Jurnal Kependidikan Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.994 KB) | DOI: 10.21831/jk.v3i2.23820

Abstract

BLENDED LEARNING: KEEFEKTIFAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-learning berbasis schoology terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi Sistem Persaman Linier Dua Variabel (SPLDV). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP di Kota Cirebon. Sampel terdiri atas kelas VIII-B2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan schoology dan VIII-C2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan schoology. Adapun proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket respons. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen yang menggunakan schoology lebih baik daripada tanpa menggunakan schoology. Hasil rata-rata N-gain yang diperoleh sebesar 0,68 dan berada pada kategori peningkatan sedang. Siswa memiliki respons positif terhadap pembelajaran menggunakan schoology. Melalui aplikasi schoology, siswa belajar secara berkelanjutan tanpa terbatas oleh ruang kelas dan efektif digunakan sebagai media dalam pembelajaran.AbstractThis study was aimed at determining the effectiveness of schoology based e-learning on the mathematical communication ability of junior high school students on the Linier Equation System of Two Variables (LESTV). The population in this study were all students of class VIII junior high school in Cirebon. The sample consisted of two classes, VIII-B2 as an experimental class applying schoology and VIII-C2 as a control class without using schoology. The sampling process used purposive sampling technique. This type of research used was a quasi-experimental design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection techniques were carried out by tests of mathematical communication skills and response questionnaires. The data were analyzed using normality test, homogeneity test, t-test, and gain test. The results show that the students of experimental class that use schoology have higher ability than the students of the control class. The average N-gain obtained is 0.68 and as moderate category. The students have a positive response to learning using schoology. Through the schoology application, students allow to learn continuously without being limited by the classroom and effectively used as a medium in learning.

Page 1 of 51 | Total Record : 504


Filter by Year

1998 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 1 (2022) Vol 5, No 2 (2021) Vol 5, No 1 (2021) Vol 4, No 2 (2020) Vol 4, No 1 (2020) Vol 3, No 2: November 2019 Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol. 2, No.1 (2018) Vol 2, No 2: NOVEMBER 2018 Vol 2, No 2 (2018) Vol 2, No 1: MEI 2018 Vol. 1, No.1 (2017) Vol. 1, No. 2 (2017) Vol 1, No 2: November 2017 Vol 1, No 1: Juni 2017 Vol. 46, No.2 (2016) Vol. 46, No.1 (2016) Vol. 45, No.2 (2015) Vol. 45, No.1 (2015) Vol 45, No 1: Mei 2015 Vol. 44, No.2 (2014) Vol. 44, No.1 (2014) Vol 44, No 2: November 2014 Vol. 43, No.2 (2013) Vol. 43, No.1 (2013) Vol 43, No 2: November 2013 Vol 43, No 1: Mei 2013 Vol. 42, No.2 (2012) Vol. 42, No.1 (2012) Vol 42, No 2: November 2012 Vol 42, No 1: Mei 2012 Vol. 41, No.2 (2011) Vol. 41, No.1 (2011) Vol 41, No 2: November 2011 Vol. 40, No.2 (2010) Vol. 40, No. 1 (2010) Vol 40, No 2: November 2010 Vol. 39, No.2 (2009) Vol. 39, No.1 (2009) Vol 39, No 2: November 2009 Vol. 38, No.2 (2008) Vol. 38, No.1 (2008) Vol 38, No 1: Mei 2008 Vol. 37, No.2 (2007) Vol. 37, No.1 (2007) Vol 37, No 2: November 2007 Vol 37, No 1: Mei 2007 Vol. 36, No.2 (2006) Vol. 36, No.1 (2006) Vol. 35, No.2 (2005) Vol. 35, No.1 (2005) Vol. 34, No.2 (2004) Vol. 34, No.1 (2004) Vol 34, No 2: November 2004 Vol. 33, No.2 (2003) Vol. 33, No.1 (2003) Vol. 32, No.2 (2002) Vol. 32, No.1 (2002) Vol 32, No 2: November 2002 Vol. 31, No.2 (2001) Vol. 31, No.1 (2001) Vol. 30, No.2 (2000) Vol 30, No 1: Edisi Dies 2000 Vol. 29, No.2 (1999) Vol. 29, No.1 (1999) Vol 29, No 1: Mei 1999 Vol. 28, No.2 (1998) Vol. 28, No.1 (1998) EDISI KHUSUS DIES NATALIS More Issue