JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun XVI

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran TGT Ular Tangga Bagi Siswa SMPN 18 Purworejo

Budi Arwanto (SMP Negeri 18 Purworejo)
Raden Oktova (Program Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana UAD Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2016

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar Nama Unsur dan Rumus Kimia Sederhana mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT) Ular Tangga bagi siswa kelas VII F SMP Negeri 18 Purworejo, Jawa Tengah, pada tahun ajaran 2008/2009. Penelitian terdiri atas dua siklus. Pada awal pembelajaran dengan pretes diperoleh nilai rata-rata kelas 54,3, dan setelah diberikan pembelajaran pada siklus I kemudian dilakukan postes dengan nilai rata-rata kelas menjadi 66,18 dan pada postes pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 73,3. Terlihat adanya kenaikan daya serap pada siklus II, dan target ketuntasan minimal (KKM) sebesar 68 telah dilampaui, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar IPA.Kata kunci: pembelajaran IPA, TGT ular tangga, nama unsur dan rumus kimia sederhana

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...