cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
ISSN : 14101866     EISSN : 25491458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan Sains.
Arjuna Subject : -
Articles 265 Documents
Pengembangan Perangkat Fisika Berorientasi pada Scientific Approach untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan PPL di SMA Juli Astono; Pujianto Pujianto
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 2, No 2 (2014): December 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.483 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v4i2.7164

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran fisika yang meliputi silabus, RPP, LKS, dan instrumen evaluasi yang berorientasi pada scientific approach. Adapun tujuan khusus penelitian ini, yaitu: (1) Mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran fisika yang dihasilkan mahasiswa calon guru fisika dalam kegiatan PPL sebagai produk hasil pengembangan dan (2) Mengetahui kemampuan saintifik siswa SMA setelah diterapkannya perangkat pembelajaran fisika berorientasi pada scientific approach sebagai produk hasil pengembangan.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan menggunakan Empat Fase Perancangan Pengajaran Model Prosedural yang diadaptasi dari Four-D’s Model of Instructional Design dari Thiagarajan. Dalam model prosedural ini dikenal 4 (empat) fase pengembangan yakni: (1) definisi (define), (2) desain (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) uji coba (disseminate). Namun demikian, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Pengembangan perangkat pembelajaran dimulai dari fase definisi (awal kegiatan), menuju ke arah fase desain, pengembangan, dan uji coba yang dalam prosesnya berlangsung secara prosedural dan melibatkan pihak-pihak calon pengguna, ahli dari bidang yang dikembangkan (subject matter experts), anggota tim dan instruktur, dan pembelajar. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan tes. Seluruh data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan telah berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berorientasi pada scientific approach yang mampu mempersiapkan calon guru fisika sehingga memiliki kompetensi profesional dalam pembelajaran fisika berbasis saintifik sesuai Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis terhadap temuan-temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) perangkat pembelajaran berorientasi pada scientific approach yang dihasilkan mahasiswa calon guru fisika dalam kegiatan PPL telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil expert judgement validator maupun uji empirik di sekolah mitra PPL sebagai naracoba; dan (2) kemampuan saintifik siswa SMA menunjukkan bahwa aspek mengamati dan bertanya dalam rangka pemerolehan data masih rendah yang ditunjukkan dengan persentase keberhasilan pada rentang 50-60%.Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, fisika, kurikulum 2013
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DIGABUNG PROBLEM POSING TERHADAP BERPIKIR TINGKAT TINGGI Muh. Masruri Burhan; Jailani Jailani
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 6, No 2 (2018): December 2018
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.724 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v6i2.23945

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Inkuiri digabung dengan problem posing yang valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lembar kerja siswa (LKS) pada pelajaran matematika Madrasah Aliyah kelas X semester genap.Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Silabus, RPP, dan LKS yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif. Kevalidan produk terlihat dari hasil uji validasi ahli yang menyatakan bahwa produk mancapai kriteria valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian lembar penilaian guru yang menunjukan bahwa produk telah memenuhi kriteria sangat baik; hasil pengisian lembar penilaian siswa menunjukan bahwa produk mencapai kriteria sangat baik; dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran bahwa persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85%. Keefektifan produk terlihat dari perolehan hasil tes berpikir tingkat tinggi siswa yang menunjukan sekitar 76,47% ( 75%) siswa telah mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai 74,88 dan adanya peningkatan rata-rata skor pretest dan posttest. Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir tingkat tinggi DEVELOPING MATH LEARNING SOFWARE WITH INQUIRY APPROACHAND PROBLEM POSING TO DEVELOP HIGHER-ORDER THINGKING SKILLSAbstract This study aims to produce a learning material that is valid, practice, and effective to develop higher order thinking skills, including syllabus, lesson plan (LP), and student workhsheet (SW) in Islamic high school math class X second semester.This study resulted in the learning sets of mathematics which are able to develop higher order thinking skills. Syllabus, LP, and SW which have met the criteria of validity, practicality, and effectiveness. Expert validation test states that the product reaches a valid criterion. Practicality of the product seen from the results of the teacher assesment sheets shows that the product has met the criteria of very good; results of the students assesment form indicate that the product reaches the criteria of very good; and observation sheet feasibility study shows that there is a minimum percentage of 85% feasibilty study. The effectiveness of the products seen from acquisition of competence achievement test results of students shows approximately 76.47% ( 75%) of the students have reached the KKM with average value of 74.88 and increase average score between prestest and posttest. Keywords: developments, learning devices, higher level thinking skills
Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran TGT Ular Tangga Bagi Siswa SMPN 18 Purworejo Budi Arwanto; Raden Oktova
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun XVI
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.815 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v16i1.12210

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar Nama Unsur dan Rumus Kimia Sederhana mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT) Ular Tangga bagi siswa kelas VII F SMP Negeri 18 Purworejo, Jawa Tengah, pada tahun ajaran 2008/2009. Penelitian terdiri atas dua siklus. Pada awal pembelajaran dengan pretes diperoleh nilai rata-rata kelas 54,3, dan setelah diberikan pembelajaran pada siklus I kemudian dilakukan postes dengan nilai rata-rata kelas menjadi 66,18 dan pada postes pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 73,3. Terlihat adanya kenaikan daya serap pada siklus II, dan target ketuntasan minimal (KKM) sebesar 68 telah dilampaui, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar IPA.Kata kunci: pembelajaran IPA, TGT ular tangga, nama unsur dan rumus kimia sederhana
Penguasaan Materi Ajar Guru Kimia di Sulawesi Tengah Pasca Pendampingan oleh LPMP Erisda Eka Putra; Liliasari Liliasari; Wahyu Sopandi
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains No 2 (2010): Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun XV
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.137 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v15i2.12187

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk melihat efektivitas program pendampingan yang dilakukan oleh LPMP dalam rangka meningkatkan kompetensi penguasaan materi ajar guru kimia SMA di Sulawesi Tengah. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di Kota Palu dan melibatkan 16 orang guru kimia SMA Negeri yang mengajar kelas X. Materi ajar dibatasi pada Struktur Atom, Sistem Periodik dan Ikatan Kimia. Sebelum pendampingan guru diobservasi di kelas dan diberikan tes awal. Setelah kegiatan pendampingan selesai kepada guru diberikan tes akhir. Nilai gain ternormalisasi rata-rata dari hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kualitas penguasaan materi guru sebesar 0,55 (SD=0,29). Penyerapan tertinggi terjadi pada materi ajar Struktur Atom sebesar 0,65 (SD=0,25) dan penyerapan terendah 0,52 (SD=0,29) pada materi Sistem Periodik.Kata kunci: penguasaan materi ajar, guru kimia, pendampingan
Penerapan Strategi RG-RP Pada Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Hariyatmi Hariyatmi
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun XVI
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.952 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v16i1.12213

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran menggunakan strategi Reading Guide (RG) untuk pemahaman materi dan dilanjutkan dengan strategi Role Playing (RP). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif aspek produk sebelum tindakan adalah 59,16, pada akhir siklus I menjadi 74,34, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 79,28. Pada ranah kognitif aspek proses, ada peningkatan dari siklus I dengan kriteria baik dan siklus II menjadi sangat baik. Ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan pencapaian strategi RG-RP meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci: strategi reading guide, role playing, sistem pernapasan manusia, hasil belajar
Peningkatan Life Skill Dengan Pendekatan Learnscape Dalam Pembelajaran Biologi Muzayyinah Muzayyinah; Kristi Handayani
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains No 2 (2009): Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun XIV
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.262 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v14i2.12437

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk untuk meningkatkan  kepedulian terhadap lingkungan dan life skill siswa SMA I Karanganom Klaten. Subjek penelitian adalah siswa SMA I Karanganom Klaten kelas XC semester genap, 2007/2008. Jenis penelitian adalah PTK, dengan dua siklus. Tindakan yang diterapkan adalan berupa pendekatan learnscape. Data mengenai kepedulian terhadap lingkungan dan life skill  dikumpulkan menggunakan lembar performaance assessment berupa lembar-lembar observasi kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian siswa pada pra-siklus ke pasca-siklus I meningkat sebesar 2,2 (dari 4,92 menjadi 7,12). Pasca-siklus II terjadi peningkatan skor kepedulian ini sebesar 1,06 (dari 7,12 menjadi 8,18).  Penggunaan pendekatan learnscape dapat meningkatkan life skill siswa terkait penanganan pencemaran lingkungan khususnya pendaurulangan limbah. Pendekatan learnscape diketahui juga mampu 1) mengurangi kebosanan siswa belajar, 2) meningkatkan kemampuan siswa menjawab pertanyaan, 3) meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan tugas-tugas dan atau soal-soal yang diberikan guru, 4) membawa alam dan proses ekologinya ke dalam proses pembelajaran.Kata kunci: life skill, learnscape,daur ulang kertas
Pengembangan perangkat pembelajaran integrated science berbasis kearifan lokal Siti Khuzaimah; Eli Rohaeti
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 4, No 2 (2016): December 2016
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.589 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v4i2.12920

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menyelidiki kelayakan perangkat pembelajaran integrated science berbasis kearifan lokal dan (2) menguji keefektifan perangkat pembelajaran integrated science berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kepedulian lingkungan, keterampilan proses dan pemahaman konsep sains. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) yang dikembangkan oleh Borg Gall yang terdiri dari 10 fase antara lain mengumpulkan informasi, perancangan penelitian, pengembangan produk awal, melakukan uji coba pendahuluan lapangan, melakukan revisi, melakukan uji coba lapangan utama, melakukan revisi,me­lakukan uji lapangan operasional, melakukan revisi produk akhir, dan diseminasikan dan implementasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran integrated science berbasis kearifan lokal layak dalam meningkatkan kepedulian lingkungan, keterampilan proses dan pemahaman konsep. Kelayakan ini juga didukung dengan hasil uji beda antara kelas kontrol dan eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai kepedulian lingkungan, keterampilan proses dan pemahaman konsep sains yang signifikan antara dua kelas tersebut dengan taraf signifikansi 0,05.Kata Kunci: perangkat pembelajaran, integrated science, kearifan lokal, kepedulian lingkungan, keterampilan proses, pemahaman konsep sains. The Development of Learning Kit of Integrated Science Based on Local Wisdom AbstractThis research aimed to: (1) investigate the feasibility, and (2) verify the effectiveness of integrated science learning kit based on local wisdom in improving environmental care, science process skill and concept understanding. This research used research and development (RD) of Borg Gall model with stages including collect the information, design the research, develop draft of the product, preliminary field test, revision of the first draft, main field rest, revision of the draft, operational field test, the last revision, dissemination and implementation of the product . The result of this research showed that the learning kit of integrated science based on local wisdom was feasible to increase the student’s environment care, science process skill and concept understanding. This feasibility supported by F-test that showed the mean difference of grades study results, enviromental care, science process skill and concept understanding between the experimental class and control class was significant with a significance level of 0.05.Keywords: the teaching kit, integrated science, local wisdom, environmental care, science process skill, science concept understanding
Pengaruh STAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Menguasai Materi Fisika Sekolah Parno Parno
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains No 2 (2009): Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun XIV
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.597 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v14i2.309

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan mahasiswa pada pokok-pokok fisika sekolah. Untuk mencapai tujuan ini, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD). Penelitian true experimental ini dilaksanakan pada semester I 2008/2009 menggu-nakan rancangan randomized control group pre-test post-test. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran model STAD, sedangkan kelas kontrol pembelajaran yang menggunakan peta konsep dan model pemecahan masalah, sesuai model pembelajaran tahun sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model STAD dapat meningkatkan penguasaan pokok-pokok fisika sekolah mahasiswa dengan g=0,51 kategori medium untuk kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada g=0,42 kategori medium untuk kelas kontrol. Mahasiswa kelas eksperimen tampak memiliki motivasi belajar tinggi. Agar didapatkan peningkatan penguasaan pokok-pokok fisika sekolah mahasiswa yang lebih tinggi lagi. disarankan pembelajaran matakuliah fisika sekolah menggunakan peta konsep dan model STAD yang merupakan gabungan perlakuan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kata kunci: STAD, pokok-pokok fisika sekolah
Perbandingan keefektifan model project-based learning dan problem-based learning ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran Melda Ariyanti
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 5, No 1 (2017): June 2017
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.11 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v5i1.13469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Project-Based Learning dan Problem-Based Learning, serta komparasi keefektifan antara model Project-Based Learning dan Problem-Based Learning ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan minat belajar matematika siswa SMA Kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMANegeri 2 Kuningan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak.  Data hasil penelitian dianalisis dengan MANOVA, dan untuk mengetahui keefektifan model Project-Based Learningdan model Problem-Based Learningmenggunakan uji one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project-Based Learning dan Problem-Based Learningefektif ditinjau dari minat belajar matematika tetapi tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA. Tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model Project-Based Learning dan Problem-Based Learningditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan minat belajar matematika siswa kelas XI SMA. Kata kunci: Project-Based Learning, Problem-Based Learning, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, minat belajar matematika The Effectiveness Comparison of Project-Based Learning and Problem-Based Learning Models in Terms of Achievement of Student’s Learning Objectives AbstractThis study aimed to describe the effectiveness of project-based learning and - problem-based learning models and to compare the effectiveness of project-based learning and problem-based learning models viewed from the learning achievement, problem solving ability, and interest in learning mathematics of grade XI students of senior high school. This study was a quasi-experiment study employing the pretest-posttest nonequivalent group design. The population comprised all grade XI science students of SMA Negeri 2 Kuningan. The sample consisted of two classes that were randomly established. The data were analysed by means of MANOVA, and to test the effectiveness of the project-based learning and problem-based learning models, the one sample t-test was used. The results of the study showed that the project-based learning and problem-based learning models were effective viewed from the interest in learning mathematics, but not effective viewed from the learning achievement and problem solving ability of grade XI students of senior high school. There was no difference of effectiveness of project-based learning model and problem-based learning model viewed from the learning achievement, problem solving ability, and interest in learning mathematics of grade XI students of senior high school.Keywords: project-based learning, problem-based learning, learning achievement, problem solving ability, interest in learning mathematics.
Penilaian Pembelajaran yang Menerapkan Lesson Study pada Fisika Zat Padat Lanjut Edi Istiyono; Suparno Suparno; Ariswan Ariswan; Heru Kuswanto; R. Yossi Aprian Sari
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 1, No 2 (2013): December 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.426 KB) | DOI: 10.21831/jpms.v2i2.2486

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang memiliki tujuan umum untuk menguji pengaruh lesson study dengan teknik guided teaching dengan hasil pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut. Tujuan khusus tulisan ini meli-puti: (1) menyusun instrumen penilaian pembelajaran Fisika Zat Padat Lanjut yang menerapkan lesson study; (2) mengukur prestasi belajar; dan (3) mengukur aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa Program Studi Fisika Jurusan Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah Fisika Zat Padat Lanjut. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Penskoran hasil tes dengan politomus dan aktivitas mahasis-wa dinyatakan dalam persentase. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian terdiri atas lembar observasi dan tes yang berupa: (a) uraian untuk materi: sifat dielektrik dan optik bahan pada siklus I, (b) berupa isian singkat untuk materi bahan magnetik pada siklus II, dan (c) berupa tes isian singkat-uraian pada materi ketidaksempurnaan kristal pada siklus III; (2) prestasi belajar mahasiswa meningkat dari siklus I, II, dan III; dan (3) aktivitas mahasiswa dalam diskusi kelas meningkat dari siklus I, II, dan III.Kata kunci: penilaian, pembelajaran, lesson study, fisika zat padat lanjut

Page 1 of 27 | Total Record : 265