COPE
2013: Cope, No.01, Tahun XVII, Mei 2013

E-LEARNING MOODLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TINGKAT SMP

Rahmat Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

Artikel ini membahas hasil sebuah penelitian yang bertujuan mengetahui:1) pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar TIK ditingkat SMP, 2) pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajarTIK di tingkat SMP, 3) peningkatan motivasi belajar TIK di tingkat SMP akibat dari pemanfaatan e-learning moodle , dan 4) peningkatan hasil belajar TIK di tingkat SMP akibat dari pemanfaatan e-learning moodle .Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen, menggunakannonequivalent control group design dengan populasi berjumlah 199 peserta didikkelas IX SMP Negeri 4 Gamping yang terbagi dalam 6 kelas paralel. Pengambilan sampel dengan cluster sampling memperoleh hasil kelas IX B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 35 orang yang diberi pembelajaran melalui presentasi materi menggunakan LCD proyektor dan kelas IX D sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 34 orang yang diberi pembelajaran melalui e-learning moodle . Instrumen pengumpulan data berupa soal tes tertulis dan angket. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post)pembelajaran pada masing-masing kelompok sampel yang  berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis dan diuji dengan statistik parametrik uji t.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar TIK di tingkat SMP. Nilai signifikansi 0,006 dengan perbedaan rata-rata sebesar 3,49. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajar TIK di tingkat SMP. Nilai signifikansi 0,008 dengan perbedaan rata-rata sebesar 7,07. 3) Ada peningkatan motivasi belajar TIK yang signifikan akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Nilai signifikansi 0,015 dengan peningkatan rata-rata sebesar 2,29. 4) Ada peningkatan hasil belajar TIK yang signifikan akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Nilai signifikansi 0,000 dengan peningkatan rata-rata sebesar 24,62

Copyrights © 2013