cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
COPE
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 197 Documents
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE STORY TELLING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Nurwida, Martin
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 20, No 2: November 2016
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.59 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v20i2.13038

Abstract

Keterampilan berbicara adalah suatu kemampuan mengucapkan atau melafalkan sesuatu gagasan yang ada pada diri individu yang melibatkan aspek pelafalan,kosakata, dan struktur. Tujuan dari berbicara adalah untuk mengungkapkan sesuatugagasan atau perasaan yang ada pada diri individu yang didapat dari hasil menyimak sesuatu materi atau bahan ajar. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa adalah metode storytelling atau bercerita. Bercerita merupakan kegiatan yang menyenangkan dan merangsang imajinasi siswa. Bercerita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa mereka dan membantu mendalami karakteristik dalam cerita serta memperluas pemahaman mereka
Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo ipnugraha ipnugraha
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 15, No 01: Mei 2011
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jig cope.v15i01.5039

Abstract

-
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBACA BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN GAME VPC SISWA KELAS VIII D SMPN 1 TURI Widayati Widayati
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 21, No 1: Mei 2017
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1174.29 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v21i1.19218

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi membaca siswa SD dengan menerapkan VPC Game. Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang setting-nya di kelas VIII D SMPN 1 Turi pada tahun 2015/2016. Siklus dilakukan sebanyak 2 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VPC game dalam pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan kompetensi membaca bahasa Inggris siswa kelas VIII B SMP N 1 Turi.Di samping itu, penggunaan VPC game dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar kosakata dan membaca bahasa Inggris siswa.Temuan ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bahasa Inggris untuk menggunakan VPC game dalam proses pembelajaran membaca bahasa Inggris khususnya teks monolog.
Peran Orangtua dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Sudarmi, Endi
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 3, No 1: Mei1999
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4537.619 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v3i1.5273

Abstract

-
OPTIMALISASI PEM BELA'ARAN PENYAN DANG GANGGUAN PENGTIHATAN DENGAN PROGRAM KASET AUDIO Ishartiwi Ishartiwi
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 6, No 01: Februari 2002
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3811.353 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v6i01.5416

Abstract

Hampir sebagian besar penyandang penglihatan (visual handicaped) yang tidak mengalami kelainan ganda pada gangguan umumnya memiliki kecerdasan normal dan kepekaan indra pendengaran yang baik, narnun di sisi lain mereka memiliki kelemahan dalam mengakses informasi. Ha lini karena terbatasnyainformasicetak denganhurufB raille. Mereka sudah terbiasa mengandalkan indra pendengarannya untuk belajar. Penataan kondisi eksternal dengan penyediaan media pembelajaran yang mudah diakses melalui indra pendengaran, sangat mendukung belajarnya. Program kaset audio merupakan salah satu alternatif yang mudah dan murah untuk sumber belajar siswa dengan gangguan penglihatan, khususnya sebagai pengganti informasi (buku bacaan) cetak meskipun upaya pemanfaatan di sekolah (khususnya di Indonesia) masih sangat terbatas. Artikel ini akan membahas fungsi program kaset audio dalam pembelajaran penyandang gangguan penglihatan
PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS VI SD MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD Nastiti, Latifah Maimunah
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 13, No 01: Februari 2009
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7902.472 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v13i01.5447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan kaoperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SDN Klitren YogYakarta. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research). Dengan menggunakan alur/siklus perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyekpenelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Klitren Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus. Data diperoleh dengan cara pengamatan saat dilakukan tindakan dan dokumen hasil belajar tes individu setiap akhir siklus. Data pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif sedang hasil belajar siswa dianalisis secara kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa VI SDN Klitren Yogyakarta meningkat. Dengan adanya peningkatan hasil belajar Matematika, dapat disimpulkan, pendekatan kooperatif model STAD telah meningkatkan hasil belajar matematika siswa SDN Klitren Yogyakarta.
Pengembangan Profesi Guru melalui Karya Tulis Ilmiah Suwandi Suwandi
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 10, No 01: Februari 2006
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3559.243 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v10i01.5495

Abstract

Kenaikan pangkat guru setelah IV/a tidak selancar menuju IV/a karena ada kewajiban untuk membuat karya tulis ilmiah (KTI). Bagi guru yang terbiasa menulis KTI tentu sangat prospektif. Namun bagi guru yang belum bisa dan biasa menulis KTI merupakan problem tersendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis berbagi pengalaman dalam membuat beragam karya tulis.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KELAS IV B SD NEGERI TAHUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Fathonah, Fathonah
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 2014: COPE, No.2, Tahun XVIII, November 2014
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.42 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v0i2.2910

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaanpembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan STAD dapat meningkatkanmotivasi kelas IVB SD Negeri Tahunan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa IVBSD Negeri Tahunan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatanguru dan kegiatan siswa, serta angket motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkanbahwa motivasi kelas IVB memiliki kecenderungan meningkat. Skor motivasi padasiklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 88,33%. Melalui model pembelajarankooperatif tipe STAD, siswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secarakooperatif dan melaksanakan keterampilan kooperatif yang meliputi mengundanganggota kelompok lain untuk berbicara, menghargai pendapat orang lain, mengambilgiliran dan berbagi tugas, mendengarkan dengan aktif, bertanya, tidak berbeda dalamtugas dan memeriksa ketepatan hasil kelompok. Siswa merasa senang, semangatdan demokratis sehingga siswa aktif dalam belajar dan menyelesaikan tugas. Gurudiharapkan dapat melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yanginovatif, menyenangkan, dan bermakna pada semua mata pelajaran.Kata Kunci: Motivasi, Model Pembelajaran Kooperatif, STAD
PENDEKATAN ANDRAGOGIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI Widayati, Esti
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 15, No 02: November 2011
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8825.55 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v15i02.5514

Abstract

Pendekatan pendidikan lebih menekankan pada hasil untuk menstransfer ilmu pengetahuan dan kemampuan pendidikan fisik, yang diharapkan untuk kehidupan dikelak kemudian hari. Meskipun demikian, pendekatan andragogi lebih menekankan pada bimbingan dan membantu siswa untuk memperoleh pengalaman pengetahuan,kemampuan dan tingkah laku agar dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Beberapa aktivitas pembelajaran yang dapat dikerjakan melalui peranan pembelajaran andragogi Pendidikan fisik, antara lain: bermain peran, percobaan (drill), kerjasama dan komunikasi dengan gerakan-gerakan, dan tugas.
E-LEARNING MOODLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TINGKAT SMP Rahmat Setiawan
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 2013: Cope, No.01, Tahun XVII, Mei 2013
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.259 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v0i1.2955

Abstract

Artikel ini membahas hasil sebuah penelitian yang bertujuan mengetahui:1) pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar TIK ditingkat SMP, 2) pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajarTIK di tingkat SMP, 3) peningkatan motivasi belajar TIK di tingkat SMP akibat dari pemanfaatan e-learning moodle , dan 4) peningkatan hasil belajar TIK di tingkat SMP akibat dari pemanfaatan e-learning moodle .Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen, menggunakannonequivalent control group design dengan populasi berjumlah 199 peserta didikkelas IX SMP Negeri 4 Gamping yang terbagi dalam 6 kelas paralel. Pengambilan sampel dengan cluster sampling memperoleh hasil kelas IX B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 35 orang yang diberi pembelajaran melalui presentasi materi menggunakan LCD proyektor dan kelas IX D sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 34 orang yang diberi pembelajaran melalui e-learning moodle . Instrumen pengumpulan data berupa soal tes tertulis dan angket. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post)pembelajaran pada masing-masing kelompok sampel yang  berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis dan diuji dengan statistik parametrik uji t.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar TIK di tingkat SMP. Nilai signifikansi 0,006 dengan perbedaan rata-rata sebesar 3,49. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajar TIK di tingkat SMP. Nilai signifikansi 0,008 dengan perbedaan rata-rata sebesar 7,07. 3) Ada peningkatan motivasi belajar TIK yang signifikan akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Nilai signifikansi 0,015 dengan peningkatan rata-rata sebesar 2,29. 4) Ada peningkatan hasil belajar TIK yang signifikan akibat dari pemanfaatan e-learning moodle. Nilai signifikansi 0,000 dengan peningkatan rata-rata sebesar 24,62

Page 1 of 20 | Total Record : 197