Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 8, No 1 (2011): April

PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI AKTIVITAS BERMAINDALAM PENDIDIKAN JASMANI

A.M. Bandi Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2011

Abstract

Child’s character is the result of a good education in general, informal place in the family with the form ofhabituation things that are good, ethical, and cultural, non-formal education taking place in society with the formof trainings, courses, social work, as well as formal education take place in schools. Physical education is part ofan ongoing formal education in schools from primary to secondary schools. Physical education means educationthrough physical activity to achieve the goals of education in general. Physical activity can be either sports ornon-exercise of them play. Through play activities will caused potential children allows them to grow into a betterdirection. Through play activities that are managed well will spur the development of physical, social, andphysically. Children playing activities can be done in everywhere and anytime so the development of thechildren potency in line with the playing activities. This takes place continuously over a relatively long time,forming a persistent behavior and recognized by others as one’s personal character.Keywords: characters, play, physical educationKarakter anak merupakan hasil dari suatu pendidikan secara umum baik informal yang berlangsung di keluargadengan bentuk pembiasaan hal-hal yang baik, etika, dan budaya, pendidikan nonformal yang berlangsung dimasyarakat dengan bentuk pelatihan-pelatihan, kursus, kerja social, maupun pendidikan formal yangberlangsung di sekolah-sekolah. Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan formal yangberlangsung di sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai dengan menengah. Pendidikan jasmani diartikanpendidikan melalui aktivitas jasmani untuk mencapai tujuan pendidikan pada umumnya. Aktivitas jasmanidapat berupa olahraga atau non-olahraga diantaranya bermain. Melalui aktivitas bermain akan meragsangpotensi-potensi yang dimiliki anak untuk berkembang ke arah yang lebih baik terutama yang dikemas dalampendidikan jasmani. Melalui aktivitas bermain yang dikelola secara baik akan memacu perkembangan fisik,sosial, dan psikis anak, sehingga aktivitas bermain bagi anak mempunyai fungsi untuk mengembangkanaspek fisik, sosial, dan psikis secara proposional. Aktivitas bermain oleh anak dapat berlangsung dimana sajadan kapan saja sehingga pengembangan potensi anak akan berlangsung bersamaan dengan aktivitasbermain tersebut. Keadaan semacam ini dapat dikatakan bahwa bermain merupakan pendidikan praktis. Halini berlangsung terus menerus dalam kurun waktu yang relatif lama sehingga terbentuk suatu tingkah lakuyang menetap dan diakui oleh orang lain sebagai karakter pribadi seseorang.Kata kunci: karakter, bermain, dan pendidikan jasmani

Copyrights © 2011