Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 15, No 2 (2019): November 2019

Hubungan minat olahraga dan psychological well-being terhadap prokrastinasi peserta didik di sekolah menengah atas

Desy Yunita Utami (Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta)
Erwin Setyo Kriswanto (Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan sebuah fenomena dalam dunia pendidikan yang cukup mengkhawatirkan pada masa sekarang. Hal ini menjadi hambatan besar dalam proses pembelajaran terutama di SMA. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dan hubungan minat olahraga dan psychological well-being terhadap prokrastinasi. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan sebanyak 355 siswa. Menggunakan teknik purposive sampling didapatkan 101 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi linier berganda dengan variabel Minat olahraga (X1),  Psychological well-being (X2) sebagai variabel independen dan variabel dependen adalah Prokrastinasi (Y). Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik (80%) memiliki kecenderungan untuk melakukan prokrastinasi akademik. Pada hasil korelasi terdapat hubungan negatif minat olahraga dan psychological well-being dengan prokrastinasi, di mana rhitung sebesar -0,554 dan -0,164. Sedangkan hasil analisis regresi menggunakan taraf signifikansi 5% menunjukkan hanya variabel minat olahraga yang signifikan memengaruhi prokrastinasi dengan p-value = 0,000. The relationship between sports interest and psychological well-being towards procrastination of students at senior high school  AbstractAcademic Procrastination is a quite alarming phenomenon in education sector nowadays. It would be a big obstacle in learning process especially for High School Students.  The aim of this research are knowing about influence and relationship between the interest of doing physical exercises and psychological well-being to procrastination. The population of this research were 355 students of XI grade of SMAN 1 Muntilan.Using purposive sampling obtained 101 students as sample. Data analysis technique using product moment correlation and linear regression with Interest of Doing Physical Exercises (X1), Psychological well-being (X2) as independent variables and Procrastination (Y) as dependent variable. The results show that almost all of students (80%) have a trend to do academic procrastination. There is a negative correlation between interest of doing physical exercises and psychological well-being to procrastination, where the correlation coefficient shown -0,554 and -0,164 respectively. Meanwhile in regression analysis with 5% significant level shows only interest of doing physical exercises that significant influencing procrastination with p-value = 0,000.

Copyrights © 2019