Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 14, No 2 (2018): November 2018

Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani

Mahardhika, Nanda Alfian (Unknown)
Jusuf, Jeane Betty Kurnia (Unknown)
Priyambada, Galih (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dukungan orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan survei menggunakan instrumen angket yang berikan orang tua siswa dan siswa SKOI yang berjumlah 50 orang. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa dan siswa SKOI Kalimantan Timur. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel seluruh anggota populasi sebagai sampel. Teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Rencana penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan. Hasil penelitian ini adalah dukungan orang tua siswa termasuk dalam kategori sangat baik yaitu sebesar 93,4 %. Motivasi berprestasi siswa termasuk kedalam kategori sangat baik yaitu sebesar 97,2 %. Parental support for the achievement motivation of SKOI students in East Kalimantan in attending physical education learning AbstractThe aim of this research is to examine the effect of parent’s supports toward the needs of achievement possessed by students of Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) in Samarinda city. This research method used in this research is descriptive qualitative method. The instrument of research was the questionnaires shared to the population of 50 SKOI students as well as their parents. The saturated sample research technique was used to the all over population as the sample. The method of this research was presented in the percentage term and done within a six-months period. The result of this research is that the support of parent’s students gained a positive trend with 93.4% and the needs of achievement of the students are very good (accounted for 97,2%).

Copyrights © 2018