Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAN JASA

Ditto Rahmawan Putra (Alumni Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)
Mahendra Adhi Nugroho (Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan game edukatif berbasis android; mengetahui kelayakan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran; mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran akuntansi berdasarkan penilaian : 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,87 yang termasuk dalam kategori sangat layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,33 yang termasuk dalam kategori sangat layak, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,75 yang termasuk dalam kategori sangat layak, 4) Penilaian siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Imogiri diperoleh skor 4,19 yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian game edukatif “Asah Akuntansi” berbasis android yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.Kata kunci: Media Pembelajaran, Akuntansi, Game Edukatif¸ Android, SMA, Jurnal Penyesuaian.

Copyrights © 2016