cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
ISSN : 08539472     EISSN : 25025104     DOI : 10.21831
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 316 Documents
MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA Anastasia Sri Mendari; Suramaya Suci Kewal
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.127 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10304

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai motivasi belajar mahasiswa, dengan menggunakan alat ukur yang diadopsi dari MSLQ. MSLQ merupakan kuesioner yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa, serta melihat perbedaan motivasi belajar mahasiswa berdasarkan program studi dan gender. Responden penelitian ini adalah mahasiswa STIE Musi yang aktif dari program studi manajemen dan program studi akutansi dari semua angkatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling accidental. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar mahasiswa STIE Musi tergolong sedang, dengan nilai rata-rata 3,21. Hasil pengujian regresi terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa, sedangkan dari hasil uji beda tidak terdapat  perbedaan motivasi belajar berdasarkan program studi, dan tidak ada perbedaan motivasi belajar berdasarkan gender.Kata kunci : motivasi, motivasi belajar mahasiswa.
PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI AKUN-AKUN PERUSAHAAN DAGANG Fidya Rizka Anggraeni; Sumarsih Sumarsih
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan komik Akuntansi sebagai media pembelajaran pada materi akun-akun perusahaan dagang untuk siswa SMA kelas XII. 2) Mengetahui kelayakan komik Akuntansi pada materi akun-akun perusahaan dagang sebagai media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan uji coba pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran Akuntansi berbentuk komik sebagai media pembelajaran dapat digunakan 2) Komik Akuntansi sebagai media pembelajaran diperoleh penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4,55 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran, penilaian kelayakan oleh ahli media dengan rata-rata skor 4,4 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Penilaian siswa terhadap penilaian media pembelajaran Akuntansi yang telah dikembangkan pada saat uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor 4,32 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan media pembelajaran.Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, komik Akuntansi
PENGARUH PEKERJAAN RUMAH DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI Muji Mungintoro; Diana Rahmawati
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.21 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pekerjaan Rumah dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah 96 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang sekaligus sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan pada 31 siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Yogyakarta. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linieritas dan multikolinieritas.Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan Pekerjaan Rumah dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Ry(1,2)= 0,423; R2y(1,2)= 0,179; Fhitung = 10,144 Ftabel =3,09, sumbangan efektif sebesar 17,9%.Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi,Pekerjaan Rumah, Minat Belajar Akuntansi 
IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR Fenti Noor Endah Kurniawati; Rr. Indah Mustikawati
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.22 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10307

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 melalui implementasi Model Active Learning dengan Teknik Learning Starts With A Question. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipatif dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi Model Active Learning dengan Teknik Learning Starts With A Question dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada semua indikator Aktivitas Belajar Akuntansi peserta didik. Peningkatan ini juga terlihat dari rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi peserta didik pada siklus I sebesar 66,48% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 82,34%. Berdasarkan data angket Aktivitas Belajar Akuntansi peserta didik juga terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 67,44% dan pada siklus II menjadi sebesar 79,88%.Kata kunci: Learning Starts With A Question, Aktivitas Belajar Akuntansi
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI Wagiarti Wagiarti; Isroah Isroah
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.606 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dan Partisipasif antara penulis dengan guru mata pelajaran akuntansi selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskripstif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi. Terjadi peningkatan skor di setiap indikator aktivitas belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II serta peningkatan  skor rata-rata aktivitas belajar akuntansi dari siklus I sebesar 70,81% menjadi 85,09% pada siklus II atau meningkat 14,28%. Prestasi Belajar Akuntansi meningkat dihitung dari nilai rata-rata post test siklus I sebesar 71,63 meningkat menjadi 78,48 pada siklus II. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 30,44%, yang dihitung dari ketuntasan belajar pada post test siklus I sebesar 56,52% meningkat pada siklus II 86,96%.                    Kata Kunci:  Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi
PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Sariyatul Ilyana; Ratna Candra Sari
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.912 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan komik edukasi “Impian Moni” sebagai media pembelajaran literasi keuangan kompetensi anggaran pribadi untuk siswa sekolah dasar; mengetahui kelayakan komik edukasi”Impian Moni”; mengetahui peningkatan pemahaman siswa mengenai pembelajaran literasi keuangan kompetensi anggaran pribadi dengan menggunakan komik edukasi “Impian Moni”. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) model Four-D. Hasil penelitian menunjukkan empat tahap dalam pengembangan komik edukasi: 1) Define, 2) Design 3) Develop,dan 4) Disseminate. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi, skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,26 (Sangat Layak), aspek media sebesar 3,56 (Layak), dan aspek bahasa sebesar 3,89 (Layak). Berdasarkan respon siswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata skor aspek materi sebesar 4,10 (Layak), aspek media sebesar 3,89 (Layak), dan aspek bahasa sebesar 4,25 (Sangat Layak). Nilai gain peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan komik edukasi “Impian Moni” adalah sebesar 0,37. Berdasarkan kriteria nilai Gain menurut Hake menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa tergolong Sedang.Kata kunci: Media Pembelajaran, Literasi Keuangan, Anggaran Pribadi, Komik Edukasi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL Syahida Norviana; Annisa Ratna Sari
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10310

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Ular Tangga. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik  analisis  data  yang digunakan  yaitu  analisis  statistik  deskriptif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Ular Tangga layak digunakan. Hal ini dibuktikan dari penilaian ahli media bahwa kelayakan aspek rekayasa media dan aspek komunikasi visual sebesar 71,17% dan 71,76% dengan kategori “Layak” dan penilaian ahli materi bahwa kelayakan aspek pembelajaran sebesar 88,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian siswa pada aspek rekayasa media dalam uji coba perorangan sebesar 85% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba kelompok kecil 91% dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji coba lapangan seberar 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian siswa pada aspek komunikasi visual dalam uji coba perorangan sebesar 88,36% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba kelompok kecil 90,67%  dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji coba lapangan seberar 86,78%  dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian siswa pada aspek pembelajaran dalam uji coba perorangan sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba kelompok kecil 81,57%   dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji coba lapangan seberar 82,83% dengan kategori “Sangat Layak”.Kata kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR Anindita Laksmi Suhita; Mahendra Adhi Nugroho
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.295 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis film dokumenter bagi siswa SMA kelas XII IPS dengan materi perusahaan dagang; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran akuntansi berbasis film dokumenter berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran akuntansi; serta (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa sesudah menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran akuntansi.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian yaitu berdasarkan penilaian oleh ahli materi dari aspek materi memperoleh skor sebesar 2,7 termasuk dalam kategori baik, dan aspek pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,6 termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli media menilai media dari aspek tampilan memperoleh skor sebesar 3,8 termasuk dalam kategori sangat baik dan aspek pemrograman memperoleh skor sebesar 3,4 termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan guru mata pelajaran akuntansi SMA menilai media dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,7 termasuk dalam kategori sangat baik, aspek pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,0 termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek media memperoleh skor sebesar 3,7 termasuk dalam kategori sangat baik. Pada pengujian gain score memperoleh skor sebesar 0,44 dengan kategori sedang.Kata Kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Film Dokumenter, Motivasi Belajar Akuntansi Siswa
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Chellyana Kusuma Wardani; Siswanto Siswanto
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogayakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus dapat meningkat setelah tindakan Implementasi Model NHT Ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai siklus I yaitu dari 48,4 menjadi 67,3. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa sebelum tindakan sebesar 64,19 menjadi 82,02 setelah dilaksanakan tindakan. Dari aspek ketuntasan belajar, terdapat peningkatan 41%, yaitu siklus I sejumlah 52% siswa telah mencapai KKM sedangkan pada siklus II sejumlah 93% siswa telah mencapai KKM.Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Numbered Heads Together (NHT), Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Khusus
THE DEVELOPMENT OF MEDIA ACCOUNTING DAKON (DASI) GAME IN ACCOUNTING LEARNING PROCESS TO IMPROVE COGNITIVE, AFFECTIVE, AND PSYCHOMOTORIC ASPECTS OF STUDENTS GRADE XI AT SMK N 2 PURWOREJO Maizura Azizah Sekar Ayuningrum; Sukirno Sukirno
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.168 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media permainan dakon Akuntansi untuk membantu meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa akuntansi kelas XI AK 4 SMK N 2 Purworejo. 2) mengetahui kelayakan permainan dakon Akuntansi dalam proses pembelajaran siswa akuntansi kelas XI AK 4 SMK N 2 Purworejo. 3) mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran permainan dakon Akuntansi. Tahapan penelitian dan pengembangan dakon Akuntansi ini terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Define atau tahap pendefinisian 2) Design atau tahap perancangan 3) Develop atau tahap pengembangan dan  4) Dessiminate atau tahap penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakon Akuntansi sebagai media pembelajaran diperoleh penilaian kategori sangat layak dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,62 oleh ahli media 3,42 dan oleh siswa kelas XI 3,37. Media permainan dakon Akuntansi untuk meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa memperoleh hasil yang bervariasi dari setiap aspeknya. Hasil angket dan lembar test siswa pada lembar pre test dan post test menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran permainan dakon Akuntansi menguatkan aspek kognitif sebesar 0,71; aspek afektif  0,50; dan aspek psikomotorik 0, 70.Kata kunci: Permainan Dakon, Kognitif, Afektif, Psikomotorik.

Page 1 of 32 | Total Record : 316


Filter by Year

2004 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 2 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 2 (2010): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 1 (2009): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 2 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 1 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 2 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 1 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 3, No 1 (2004): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia More Issue