Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Piano 2 melalui metode sight reading di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY. Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Yang setiap siklusnya terdiri (a) perencanaan/persiapan, (b) tindakan, (c) pengamatan, (d) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik yang mengambil mata kuliah Piano 2 sejumlah 20 orang. Tahapan penelitian, yaitu (a) pretest sebagai alat ukur kemampuan awal mahasiswa, (b) post test sebagai evaluasi hasil akhir mahasiswa. Teknik analisis data meliputi analisis secara kuantitatif berupa data ordinal yang dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Siklus I sebanyak 10 dari 20 mahasiswa telah tuntas belajar atau 50% dan mahasiswa yang belum tuntas belajar sebanyak 10 mahasiswa atau 50%. (2) Siklus II sebanyak 17 dari 20 mahasiswa telah tuntas belajar atau 85% . Jika dilihat dari data diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sight reading dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah Piano 2 semeter genap tahun ajaran 2013/2014 jurusan pendidikan seni musik FBS UNY.
Copyrights © 2015